Batik Tulis Jogja Giriloyo dan Sejarahnya

Batik tulis Jogja Giriloyo dan sejarahnya. Kampung Batik Giriloyo yang terletak di Kelurahan Wukirsari, Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul. Dikenal sebagai sentra kerajinan batik tulis di Daerah Istimewa Yogyakarta. Sesuai dengan namanya, hampir 90 persen aktivitas masyarakat di desa ini adalah membatik. Terutama masyarakat di desa yang berada tidak jauh dari Makam Raja-raja Mataram.

Kerajinan batik di Giriloyo terus berlanjut turun-temurun. Namun karena kurangnya pengelolaan, aktivitas batik di kampung ini sempat hampir vakum. Gempa bumi yang melanda wilayah DIY dan sekitarnya pada 2006 silam menambah derita warga Giriloyo. Perekonomian di kampung ini ikut mati dan melumpuhkan kegiatan membatik.

Hingga akhirnya tercetuslah ide untuk membangun kembali Kampung Batik Giriloyo yang selanjutnya berkembang menjadi sentra batik tulis di DIY. Dari ide kreatif mereka, dibangunlah sebuah tempat workshop serta showroom atau galeri batik Giriloyo yang dalam bentuk joglo-joglo yang berasal dari kas desa.

Sejarah Sentra Batik Tulis Giriloyo

Belum di temukan bukti otentik tentang kapan masuk nya kerjainan batik tulis di daerah Giriloyo. Namun dari beberapa penuturan warga setempat, kerajinan batik tulis ini mulai berkembang sekitar tahun 1654 atau abad ke 17. Pada saat itu, kerajaan Mataram di bawah pimpinan Sultan Agung. Pada tahun tersebut Sultan Agung memerintahkan agar daerah perbukitan Imogiri dijadikan area pemakaman raja-raja. Sehingga pihak kerajaan mengirim abdi dalem keraton untuk menjaga area tersebut. Selain menjaga makam, abdi dalem ini juga memiliki keahlian membuat batik tulis yang hasil nya di gunakan untuk keperluan keraton.

Semenjak itulah di daerah Giriloyo berkembang kerajinan batik tulis, dari hasil interaksi warga setempat dengan abdi dalem keraton, kerajinan batik tulis semakin berkembang di daerah ini yang kemudian di wariskan secara turun temurun.

Awalnya, penduduk giriloyo hanya bertindak sebagai buruh nyanting batik dari selama puluhan tahun lamanya dan menjual hasil karya mereka dalam bentuk produk setengah jadi kepada juragan batik di pusat kota Yogyakarta.

Batik Tulis Jogja Asli Mempunyai Motif Unik

Batik tulis Jogja asli atau Yogyakarta mempunyai motif yang unik dan bisa Anda jumpai di Batikdlidir. Beberapa motifnya hampir mirip dengan motif batik Solo. Mungkin karena lokasi dari kedua kota ini berdekatan. Sehingga, motifnya bisa menyebar. Sama halnya dengan Solo, Jogja juga punya motif batik khas. Ada beberapa motif yang menjadi andalan.

Batik tulis asli Jogja

Seperti batik tulis dengan motif isen. Motif batik ini terdiri dari motif utama dan juga isian (isen). Perpaduan antara keduanya menjadikan motif ini sangat indah. Motif ini juga terdiri dari beberapa jenis motif. Seperti isen cecek pitu, isen cecek, sisik melik, cecek sewut, dan beberapa jenis lainnya.

Selain motif isen, Jogja juga punya motif batik tulis gurda atau garuda. Motif ini berbentuk sebuah burung garuda. Ada sayap, ekor dan juga badannya. Bagi orang Jogja, burung ini mempunyai kedudukan yang sangat tinggi. Kemudian ada juga motif semen. Motif semen ini juga ada beberapa jenis. Diantaranya, motif semen Sidomukti, motif semen sidoasih, dan motif semen gurda.

Ada juga motif truntum. Motif ini menjadi motif yang wajib dikenakan saat prosesi pernikahan. Selain pasangan pengantin biasanya motif ini juga dikenakan oleh orang tua pengantin. Motif ini punya filosofi penuntun. Jadi, orang tua pengantin diharapkan bisa menjadi penuntun. Motif ini dibuat oleh permaisuri dari Sunan Paku Buwana III, Kanjeng Ratu Kencana.

Batik tulis Jogja memang memiliki banyak motif andalan. Selain beberapa motif di atas masih ada motif lainnya. Seperti motif parang. Motif ini juga sering disebut motif batik keris. Karena motif ini dibuat oleh seorang pendiri keraton Mataram, motif ini hanya untuk raja. Rakyat biasa tidak boleh mengenakan motif ini. Motif parang ini juga punya beberapa jenis. Diantaranya, motif parang rusak, parang barong, parang kusumo, dan beberapa jenis lainnya.

Batik Tulis Jogja Asli di Batikdlidir

Untuk mendapatkan motif khas Jogja ini, anda bisa membeli di tempat kami (Batik Dlidir).  Bisa klik di Jual kain batik tulis. Kenapa harus ke Batik Dlidir? Karena ada beberapa keuntungan membeli di tempat kami. Selain mendapatkan harga murah, anda juga mendapatkan batik berkualitas. Dan kami memberikan jaminan batik tulis asli. Salah satunya dari video proses pembuatannya.

Kalau anda ingin memesan, anda tidak perlu membayar penuh. Melainkan cukup memberikan DP sebesar 50 persen dari harga. Dan setelah barang siap, baru dilakukan pelunasan. Untuk pemesanannya, silakan langsung menghubungi saya (Pak Mudzakir) di nomor 082265652222.

In English : Batik for quilts

1 thought on “Batik Tulis Jogja Giriloyo dan Sejarahnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *