Kain batik tulis, cap dan printing Solo untuk Indonesia

Kain batik tulis, cap dan printing Solo untuk Indonesia. Batikdlidir menyuguhkan secara komplit dengan berbagai tehnik pembuatannya. Dengan harga mulai Rp 23.000,- permeternya. Batik merupakan kain yang memiliki gambar atau motif. Pembuatannya dengan menuliskan “malam” pada kain itu.

Sedangkan Malam sendiri memiliki sifat seperti lilin.Sehingga ada dua elemen penting dalam dunia perbatikan. Pertama malam dan yang kedua ialah gambar motif. Kedua elemen tersebut yang mengilhami arti kata mba dan tik ( menggambar dan kecil ).

Kain batik tulis, cap dan printing Solo untuk Indonesia di Batikdlidir cuwiri modern

Sedangkan Arti batik dalam Kamus Umum Bahasa Indonesia ialah kain dan sebagainya yang bergambar (bercorak beragi) yang pembuatannya dengan cara titik (mula-mula ditulisi atau ditera dengan lilin lalu diwarnakan dengan tarum dan soga) (WJS Poerwadarminta,1976:96).

Kami sendiri menamai produk kualitas kami dengan Batikdlidir. Apa itu dlidir?, dalam bahasa jawa memiliki arti mengalir. Jadi penamaan dlidir memiliki maksud supaya produk kami bisa laku seperti air yang mengalir deras. Penamaan sekaligus do’a, begitulah orang solo dalam memberi nama. Bukan sekedar nama, namun memiliki karakter kuat untuk kemajuan jangka panjangnya.

Seiring berjalannya waktu, untuk kami batik memiliki arti yang sangat luas. Saat ini batik dalam keseharian ialah sebuah karya seni yang memanifestasikan budaya. Tidak berhenti disitu, tapi juga bisa memberi manfaat kepada khalayak umum ( dlidir ). Batik bisa diartikan seni tingkat tinggi sebuah peradapan warga solo dan sekitarnya.

Bagi Kami membatik tidak sekedar menggambar pada kain. Begitu pula hanya memberi motif lalu menjual hasilnya. Namun sebuah rangkaian yang komperehensif. Rangkaian tentang segala fikiran, tenaga dan sejarah panjang. Semua proses yang tersinergikan dalam menghasilkan sebuah karya. Sehingga seluruh lapisan masyarakat bisa menikmatinya.

Kami menjual kain batik dalam tiga kategori. Kategori ini berdasarkan tehnik pembuatannya. Berikut penjelasannya :

1. Batik tulis. Dibuat menggunakan tehnik tulis atau canting. Biasanya diperuntukkan bagi acara special. Untuk detailnya bisa dilihat pada Jual batik tulis.

2. Batik cap. Diproses menggunakan tehnik stamp atau cap. Tehnik ini memiliki warna yang solid. Atau bisanya orang mengenal ini dengan cara tie dye. Anda bisa klik di Batik murah cap.

3. Batik Handprint. Tehnik ini menggunakan media screen. Pembuatan Seragam dan sarung biasanya memakai metode ini. Detailnya pada tabs Grosir batik printing.

Untuk pemesanan bisa whatsapp ke 0822 6565 2222 : Pak Mudzakir.

Kain batik Handprint untuk seragam

Grosir kain batik Handprint untuk seragam sekolah, kantor ataupun kelompok. Sebelum masuk pada batiknya, terlebih dahulu tentang kainnya. Ada dua jenis kain yang biasa jadi patokan warga solo dan sekitarnya. Namanya kain primissima dan prima, yang keduanya merupakan berbahan kain katun. Melihat dan belajar dari pengalaman, sesungguhnya kedua model kain tersebut hanya beda dari konstruksinya.

Kain batik Handprint untuk seragam kualitas handmade

Konstruksi kain ialah bagian yang menyusun atau susunan benang vertikal dan horisontal. Untuk primissima biasa menggunakan konstruksi 133 x 72, sedangkan prima menggunakan konstruksi 90 x 70 disetiap kainnya. Anda bisa memilih sesuai dengan selera dan kualitas pemakaian.

Kami membuat penawaran kedua kain tersebut dengan dua harga pula. Selain kain sesuai pilihan, motif batik pun Anda bisa memilihnya. Berikut harga yang kami tawarkan.

1. Kain batik prima permeter dengan motif sesuai pesanan Rp 23.000,- konstruksi 90 x 70.
2. Kain batik primissima plus motif keinginan Anda Rp 27.000,- permeter konstruksi 133 x 72.

Jadi kedua batik diatas dikirim kelokasi atau rumah Anda dalam keadaan kain yang sudah ada motif batik. Untuk seragam, minimal pemesanan 200 meter. Sedangkan pemesanan diatas 200 meter ada diskon menarik untuk Anda.

Untuk pemesanan atau informasi bisa sms atau whatsapp ke :

0822 6565 2222 Pak Mudzakir.
Layanan pemesanan 24 jam untuk seragam batik kerja, dinas, dharma wanita, sekolah maupun keluarga.

Kami menyarankan menggunakan whatsapp untuk mempermudah dalam koordinasi. Baik gambar motif batik maupun pengiriman kelokasi Anda.

Kain batik Handprint untuk Baju seragam

Grosir kain batik Handprint untuk Baju seragam kualitas terbaik. Untuk sementara ini untuk pembuatan baju seragam kami hanya menggunakan bahan berkualitas tinggi yakni kain primissima. Selain menghasilkan baju berkelas, motif batik pun bisa lebih tahan lama.

Bisa melayani pembuatan baju seragam sekolah, kantor ataupun instansi. Sehingga dikirim kerumah atau tempat Anda berupa baju siap pakai. Dan dengan motif batik sesuai orderan Anda tentunya.

Berikut rincian yang kami tawarkan kepada Anda.

1. Bahan kain primissima.
2. Pembuatan batik dengan handprint.
3. Harga total perbaju untuk seragam mulai Rp 40.000,- sampai Rp 95.000,- perbaju siap pakai. Ini sesuai bahan yang digunakan dan tingkat kerumitan dalam menjahit. Terutama untuk Seragam batik kantor yang membutuhkan ukuran berbeda – beda.
4. Lama pengerjaan untuk 100 hingga 1000 baju memakan waktu 1 bulan.
5. Untuk menjalin kerjasama yang bagus, kami mengenakan DP 50% dari total biaya keseluruhan.

Kain batik Handprint untuk Baju seragam bahan katun di Batikdlidir

Sebagai pengingat saja, bahwa kualitas baju harga dari perusahaan kami. Sehingga dengan sekuat tenaga batik dlidir memberikan yang terbaik untuk Anda. Karena kami yakin, kerjasama yang baik terjalin dengan ‘kesungguhan’ antara kedua belah pihak.

Grosir Kain batik solo printing

Grosir memiliki makna Secara umum, artinya penjualan barang kepada siapa saja dalam jumlah yang relatif besar. Untuk teknisnya, kami membuat batik berkualitas di pengrajin kami kemudian menjualnya. Sehingga harga dan kualitas bisa dikatakan yang terbaik.

Kain batik solo printing sudah dengan mesin pabrik. Pada dasarnya, batik printing bukan merupakan seni dari perbatikan Indonesia. Namun sekedar kain yang diberi motif batik. Mungkin dengan tujuan yang baik, yakni memasarkan produk batik lewat harga yang terjangkau. Sehingga dalam keseharian bisa dipakai oleh semua kalangan masyarakat di dunia.

Walaupun demikian, kadang printing bisa menghasilkan tampilan yang istimewa. Tidak jarang ada yang menjual motif printing dengan hanga yang tinggi. Dengan kualitas bahan kain yang berkualitas tentunya. Sangat nyaman saat digunakan, entah untuk kemeja, baju, jarik, syal ataupun bawahan.

Disolo dan sekitarnya berdiri banyak pabrik batik printing. Ini tak lepas dari andil masyarakat solo dalam memasarkan produknya. Membuka lapangan pekerjaan bagi warga dan penduduk setempat. Memunculkan motif – motif kreatif hasil masyarakat sekitar. Sehingga monopoli perusahaan ( pabrik ) besar bisa terhindarkan dengan keunikan – keunikan tersendiri.

Berikut motif yang kami jual kepada masyarakat Indonesia maupun dunia internasional :

Kain batik printing atau handprint terbaik berbahan katun yang nyaman

Kain batik printing atau handprint terbaik berbahan katun yang nyaman

Kain batik katun adalah batik yang terbuat dari kain katun atau 100 persen dari kapas. Karena sifatnya yang lembut dan menyerap keringat, sehingga membuat pemakainya menjadi nyaman meskipun memiliki aktivitas yang cukup padat. Tetapi sekarang ini sudah banyak busana batik yang menggunakan kain jenis ini sebagai bahan dasarnya.

Tujuan penggunaan jenis bahan ini tidak lain adalah untuk memberikan kenyamanan bagi yang mengenakannya. Jadi bagi anda yang ingin membeli bahan batik, dengan bahan cotton ini bisa menjadi pilihan yang tepat. Dijamin anda tidak akan kegerahan saat mengenakannya, karena jenis kain ini mudah menyerap keringat. Meskipun saat itu kondisi cuaca sedang panas atau anda berada di luar kantor atau di lapangan. Biasanya batik dengan jenis kain katun ini memang harganya lebih mahal dibandingkan dengan batik dengan jenis bahan biasa. Tetapi, kenyamanan yang akan anda dapatkan sebanding dengan harga yang ditawarkan.

Bahan cotton atau katun sendiri terdapat dua jenis yakni katun combed dan katun carded. Nama ini mengambil nama mesin pembuat kain yakni Combing dan Carding. Kedua jenis kain ini sama-sama menggunakan bahan dari kapas. Hanya saja saat proses pembuatannya, kain katun combed lebih sempurna karena melalui proses penyisiran. Proses ini berguna untuk menghilangkan serat kapas yang pendek dan hanya menyisakan serat kapas yang panjang saja. Dengan proses ini maka kain yang dihasilkan pun lebih halus dan lebih rapi. Inilah yang membuat jenis kain ini menjadi jenis kain favorit.

Batikdlidir menyediakan kain batik katun dengan tehnik printing atau handprint harga terjangkau. Kami banderol mulai Rp 23.000,- permeternya. Dan tentunya dengan katun 100%, jaminan dari kami. Sehingga Anda bisa merasa yakin saat memesanya.

Untuk info atau order bisa sms dan whatsapp ke 0822 6565 2222, terimakasih.

Kain batik cap solo

Kain batik solo yang pembuatannya menggunakan cetakan atau cap. Pembuatanya, Kain mori diletakkan di atas meja datar yang telah dilapisi dengan bahan yang empuk. Malam direbus hingga mencair dan dijaga agar suhu cairan malam ini tetap dalam kondiri 60° s/d 70° Celcius. Selanjutnya, Canting Cap lalu dimasukkan kedalam cairan malam tadi (kurang lebih 2 cm bagian bawah canting cap yang tercelup cairan malam).

Kain batik cap solo hargra murah untuk grosir

Canting Cap kemudian di-cap-kan (di-stempel-kan) dengan tekanan yang cukup di atas kain mori yang telah disiapkan tadi. Cairan malam akan meresap ke dalam pori-pori kain mori hingga tembus ke sisi lain permukaan kain mori. Setelah proses pengecapan pada kain selesai dengan berbagai kombinasi canting cap yang digunakan, selanjutnya kain mori akan dilakukan proses pewarnaan, dengan cara mencelupkan kain mori ini ke dalam tangki yang berisi warna yang sudah dipilih.

Kain mori yang permukaannya telah diresapi oleh cairan malam, tidak akan terkena dalam proses pewarnaan ini. Setelah proses pewarnaan, proses berikutnya adalah penghilangan berkas motif cairan malam melalui proses merebus kain. Sehingga akan nampak 2 warna, yaitu warna dasar asli kain mori yang tadi tertutup malam, dan warna setelah proses pewarnaan tadi.

Oleh karena proses pewarnaan yang berulang-ulang dan menyeluruh pada setiap pori-pori kain mori, maka warna pada batik cap cenderung lebih awet dan tahan lama dibandingkan dengan batik yang lain.
Proses terakhir dari pembuatan batik cap adalah proses pembersihan dan pencerahan warna dengan soda. Selanjutnya dikeringkan dan disetrika.

Berikut contoh detail kain batik cap yang kami jual :

Kain batik cap dalam contohnya di Batikdlidir

Kain batik cap solo dalam contohnya di Batikdlidir


Harga: Rp 50.000,- permeter
Bahan : Katun Primis ketebalan 50 s. Katun terbaik untuk pakaian dan juga sarung.
Jenis: Batik cap keluaran pelangi.

Status: Masih Ada.
Ketebalan kain : 50 s konstruksi 133 x 72.
Dibuat / Made in : solo, Indonesia.

Batik solo sendiri terkenal dengan corak tradisional nya, baik dalam proses cap maupun proses tulisnya. Bahan bahanya sendiri asih menggunakan bahan lokal, seperti bahan untuk pewarnaan batik menggunakan bahan dari Soga jawa, sedangkan pola batik solo yang terkenal di indonesia adalah pola Sidomukti dan pola Sidoluruh.

Diatas merupakan koleksi batik cap yang dibuat warga laweyan solo. Tepatnya milik batik pelangi berada di daerah kampung mutihan, laweyan solo. Yang kami seleksi berdasarkan kualitas ekspor, dan tentunya dengan bahan kain yang sudah teruji.

Pengiriman : Gratis ongkos kirim ke seluruh Indonesia. Menggunakan jasa paketan JNE Regular, sehingga sampai di lokasi Anda berkisar 3 – 5 hari.

Untuk informasi bisa whatsapp ke 0822 6565 2222. Nuwun.

Jual Kain batik tulis berkualitas

Kain batik tulis berkualitas,Sebuah warisan kesenian budaya orang Indonesia. Khususnya daerah Jawa yang dikuasai orang Jawa dari turun temurun. Batik Jawa mempunyai motif-motif yang berbeda-beda. Perbedaan motif ini biasa terjadi dikarnakan motif-motif itu mempunyai makna, maksudnya bukan hanya sebuah gambar akan tetapi mengandung makna yang mereka dapat dari leluhur mereka, yaitu penganut agama animisme, dinamisme atau Hindu dan Buddha. Batik jawa banyak berkembang di daerah Solo atau yang biasa disebut dengan batik Solo.

Jual Kain batik tulis asli canting untuk sarimbitan dan individu

Motif batik dibentuk dengan cairan lilin dengan menggunakan alat yang dinamakan canting untuk motif halus. Atau kuas untuk motif berukuran besar, sehingga cairan lilin meresap ke dalam serat kain. Kain yang telah dilukis dengan lilin kemudian dicelup dengan warna yang diinginkan, biasanya dimulai dari warna-warna muda. Pencelupan kemudian dilakukan untuk motif lain dengan warna lebih tua atau gelap. Setelah beberapa kali proses pewarnaan, kain yang telah dibatik dicelupkan ke dalam bahan kimia untuk melarutkan lilin.

Kami menjual batik tulis dengan harga yang sesuai. Yang dimaksud dengan sesuai ialah antara karya seni, waktu yang dikeluarkan serta tenaga untuk membuatnya. Kesemuanya berbanding lurus dengan harga yang dibanderol untuk setiap potongnya. Berikut satu contoh batik tulis asli tangan warga solo dan sekitarnya.

Jual Kain batik tulis dalam contoh kisaran harga dan spesifikasinya

Kain batik tulis, cap dan printing yang ada di solo

Bahan : Katun Primissima. Kain primissima kereta kencana adalah kain katun dengan bahan yang lebih halus dibanding yang lainnya.
Jenis: Batik Jarik asli tulis brotoseno.
Ukuran :240x110cm [P x L].
Harga: Rp 700.000,-
Status: Masih Ada satu potong di Batikdlidir.
Ketebalan kain : 50 s.
Dibuat / Made in : solo, Indonesia.

Cara beli batik tulis : Sms atau whatsapp ke nomor 0822 6565 2222 Pak Mudzakir, dengan mengetik nama dan alamat lengkap.
Berikut contohnya : Mudzakir dan Jalan kolonel sugiyono nomor 67, solo, jawa tengah, Indonesia.

Dengan segera kami merespon pesanan Anda.

Untuk beli bisa sms atau whatsapp ke 0822 6565 2222 Pak Mudzakir ketik :

– Nama
– Alamat pengiriman.

Gratis ongkos kirim ( free ongkir ) ke seluruh kota di Indonesia. Ini kami lakukan untuk memasyarakatkan budaya memakai batik. Sebuah usaha yang bisa kami ambil secara nyata untuk kemajuan bangsa.

Sedangkan Untuk pengiriman ke seluruh dunia, gratis ongkos kirim minimal 10 item. Pembelian di bawah 10 item dikenakan biaya pengiriman sesuai dengan harga yang dibanderol jasa pengiriman Internasional.

Peta lokasi kain batik mudzakir.com :

Kain Batik Modern Solo Untuk Indonesia

Kain Batik Modern Solo Untuk Indonesia dengan kombinasi yang elok. Kain batik modern mahakarya terbaik dari pengrajin di Batikdlidir. Tehnik pembuatan ini merupakan gabungan berkualitas dari berbagai disiplin ilmu membatik. Selain itu, pewarnaannya juga memakai smoke gradasi pada dasar pembuatan. Dilanjutkan goresan canting dan cap ikut memperindah jenis batik modern ini. Sehingga karya seni sekaligus tradisi ini harus diapresiasi.

Kain Batik Modern Solo Untuk Indonesia

Bahan katun yang dipakai adalah primis kualitas premium. Konstruksi kain primis pada umumnya 133 x 72 dengan ketebalan benang 50 s. Sehingga menghasilkan produk batik yang istimewa. Ditambah peletakkan malam, membuat warna tembus atau dua sisi kain yang sama. Alhasil handling atau hand feel yang halus dan terkesan hidup saat Anda melihatnya.

Kain batik modern identik dengan warna cerah. Warna dalam motif terdiri dari 5 warna yang berbeda. Dan ini merupakan kebanyakan yang kami jumpai, dengan garis canting sebagai identitas aslinya.

Harga permeter di Batikdlidir untuk batik modern ialah Rp 60.000,- permeter. Setiap potongnya ada yang memiliki ukuran 2 meter dan ada pula 3 meter. Lebih jelasnya atau sekedar informasi bisa sms atau whatsapp 0822 6565 2222 Pak Mudzakir.

Tehnik kain batik di solo

Yang dimaksud dengan teknik membuat batik adalah proses proses pekerjaan dari tahap persiapan kain sampai menjadi kain batik. Pekerjaan persiapan meliputi segala pekerjaan pada kain mori hingga siap dibuat batik. Langkah – langkah tahapannya seperti nggirah/ngetel (mencuci), nganji(menganji), ngemplong(seterika, kalendering. Sedangkan proses membuat batik meliputi pekerjaan pembuatan batik yang sebenarnya terdiri dari pelekatan lilin batik pada kain untuk membuat motif, pewarnaan batik (celup, colet, lukis/painting, printing), yang terakhir adalah penghilangan lilin dari kain . (Sewan Soesanto, 1974).

Untuk membuat motif batik dapat dilakukan dengan cara secara tulis tangan dengan canting tulis (batik tulis). Menggunakan cap dari tembaga disebut batik cap. Dan dengan jalan dibuat motif pada mesin printing (batik printing).

Kain batik adalah kain yang motifnya bercorak batik yang dibuat/digambar dengan cara pelekatan lilin (malam). Sedangkan kain bermotif batik adalah kain yang bermotif/bercorak batik. Akan tetapi motifnya tidak digambar melalui pelekatan lilin batik, biasanya dengan mesin printing tekstil.

Tehnik kain batik di solo

Teknologi pembuatan batik di Indonesia umumnya, di solo khususnya pada prinsipnya berdasarkan “Resist Dyes Technique” (Teknik celup rintang) dimana pembuatannya semula dikerjakan dengan cara ikat-celup motif yang sangat sederhana, kemudian menggunakan zat perintang warna. Pada mulanya sebagai zat perintang digunakan bubur ketan, kemudian diketemukan zat perintang dari malam(lilin) dan digunakan sampai sekarang.

Motif kain batik

Motif batik merupakan struktur penyusun gambar yang mewujudkan batik secara keseluruhan. Motif batik terdiri dari dua bagian, yaitu ornamen motif batik dan isen motif batik. Ornamen motif batik disusun atas ornamen utama dan ornamen pengisi bidang.

Sedangkan, Isen motif batik berupa titik-titik, garis-garis, gabungan titik dan garis. Dengan fungsi utama untuk mengisi ornamen-ornamen dari motif atau pengisi bidang diantara ornamen-ornamen tersebut. Isen motif ada bermacam-macam dan sekarang masih berkembang, seperti: cecek, cecek pitu, sisik melik, cecek sawut, cecek sawu daun, sisik gringsing, galaran, rambutan, sirapan, cacah gori, dan sebagainya.

Pengelompokkan motif kain batik

Ada dua penggolongan motif kain batik, Geometris dan non geometris. Motif Geometris adalah motif batik yang ornament-ornamennya merupakan susunan geometris. Ciri ragam hias geometris ini adalah motif tersebut mudah dibagi-bagi menjadi bagian-bagian yang disebut satu “raport”. Biasanya digunakan masyarakat solo untuk membuat batik solo jenis cap.

Motif non geometris adalah motif-motif batik yang tidak geometris. Termasuk dalam motif ini adalah motis Semen, Buketan, Terang Bulan. Motif-motif golongan non geometris tersusun dari ornament-ornamen tumbuhan, Meru, Pohon Hayat, Candi, Binatang, Burung, Garuda, Ular (Naga) dalam susunan tidak teratur menurut bidang geometris meskipun dalam bidang luas akan terjadi berulang kembali susunan motif tersebut. Biasanya jenis motif ini digunakan dalam pembuatan batik tulis asli solo.

Makna kain batik yang lebih dalam dari solo

Ada dua kota yang memiliki kekuatan makna dalam menghasilkan batik. Kota tersebut ialah solo dan yogyakarta, yang pertama kali berpusat di keraton. Berikut kami tampilkan beberapa makna motif kain batik.

Ragam hias larangan dan dianggap sakral. Yang dulu hanya dikenakan raja dan keluarganya yaitu parang rusak barong, sawat dan kawung. Ini merupakan motif andalan warga solo dan sekitarnya.

Sidomukti, dipakai pengantin. Sido berarti terus menerus dan mukti berarti hidup berkecukupan. Yang akhir – akhir ini banyak digunakan sebagai kain seragam.

Truntum, dipakai orang tua pengantin. Truntum berarti menuntun, maknanya orang tua menuntun mempelai memasuki hidup baru. Biasanya dalam bentuk sarimbit atau berpasangan antara kedua orang tua.

Satria Manah, dipakai wali pengantin pria ketika meminang. Dengan harapan semoga lamaran sang pria dapat diterima dengan baik oleh pihak wanita. Sebuah makna cerdas yang menjadi kebiasaan wong solo.

Semen Rante, dipakai wali pengantin wanita ketika menerima lamaran. Rantai melambangkan ikatan yang kokoh. Dengan harapan jika lamaran telah diterima, pihak wanita menginginkan hubungan erat dan kokoh yang tidak lepas lagi.

Makna kain batik Jogja

Ragam hias Grompol, dikenakan pada upacara perkawinan. Grompol berarti berkumpul atau bersatu, merupakan pengharapan berkumpulnya segala sesuatu yang baik-baik seperti rejeki, kebahagiaan, keturunan dan hidup rukun.

Tambal digunakan untuk selimut orang sakit. Tambal diambil dari pengertian menambal, yaitu berarti menambah atau memperbaiki sesuatu yang kurang sehingga kemudian dianggap dapat menyehatkan yang sakit.

Ceplok Kasatriyan, dipakai sebagai kain untuk upacara kirab pengantin. Batik ini digunakan oleh golongan menengah warga Jogja. Pemakainya agar terlihat gagah dan memiliki sifat ksatria.

Semen Gendong dipakai pengantin setelah selesai upacara perkawinan dengan harapan agar dapat segera mengendong bayi.

Demikian tentang kain batik dari kami, semoga bermanfaat. Batik tidak hanya sekedar wastra, tetapi karya seni budaya, yang pada awalnya selalu dihadirkan pada upacara-upacara tradisi dalam masyarakat Jawa. Batik selalu menyertai setiap tahapan dalam daur hidup manusia. Filosofi dalam pola batik yang merupakan harapan atau doa-doa. Untuk itulah yang menyebabkan batik selalu ada sampai sekarang. Hingga – hingga UNESCO menyebutkan sebagai warisan dunia asli dari Indonesia.

Batik dlidir dalam versi english indonesian batik fabric.

Tehnik pembuatan kain batik di Batikdlidir

Batikdlidir menyediakan secara lengkap. Lengkap meliputi berbagai motif batik sesuai pesanan maupun ready stock. Untuk pesanan, Anda bisa membuatnya sesuai keinginan, baik motif dan ukurannya.

Tehnik pembuatan kain batik di Batikdlidir

Kalau diklasifikasikan dalam tehnik pembuatannya, ada tiga cara. Tiga tersebut dijabarkan jadi 8 kategori. Yang pertama dengan tehnik tulis. Tehnik ini masih menggunakan canting dan malam sebagai media utamanya.

Yang Kedua dengan cara stempel atau cap. Biasanya cap dibuat dari tembaga yang dibentuk sesuai pola atau motif yang diinginkan. Selanjutnya memberikan malam pada cap tersebut yang dituangkan pada kain katun.

Ketiga dengan tehnik hendprint yakni membuat plangkan atau screen. Kemudian menaruhkan pewarna sesuai yang diinginkan. Semua cara memiliki keunggulan keunggulan tersendiri.

Untuk tehnik handprint atau plangkan terbagi menjadi 4 cara. Pertama Plangkan Cabut Warna, yang mengunggulkan dua sisi permukaan sama ( Tembus ). Selanjutnya plangkan cabut kombinasi, yang memadukan cabut dan canting tulis. Yang nomor tiga tehnik tulis kombinasi ( PM ), mengutamakan esensi traditional canting. Dan yang terakhir, cabut tolet atau terkenal dengan istilah wonogiren.

Tehnik pembuatan kain batik tabel

1.0 Tehnik pembuatan kain batik menggunakan plangkan / handprint

Pembuatan ini masih masuk dalam kategori handmade. Tehnik handprint menggunakan screen untuk motifnya. Sedangkan pewarnaanya tidak tembus, hanya satu sisi kain. Urusan harga bisa dibilang merakyat, karena memang diperuntukkan memudahkan saja. Biasanya digunakan untuk keperluan seragam sekolah, kantor dan perusahaan.

Tehnik pembuatan kain batik menggunakan plangkan handprint

Untuk bahan, kami menggunakan keistimewaan katun. Kami menggunakan katun 100 % asli. Di Indonesia, Ada dua katun yang terkenal. Yakni, katun prima dan primissima. Berikut sedikit ilmu tentang keduannya.

Konstruksi kain ialah bagian yang menyusun atau susunan benang. Konstruksinya ada yang vertikal dan horisontal. Untuk primissima biasa menggunakan konstruksi 133 x 72, sedangkan prima menggunakan konstruksi 90 x 70 disetiap kainnya. Anda bisa memilih sesuai dengan selera dan kualitas pemakaian.

Kami membuat penawaran kedua kain tersebut dengan dua harga pula. Selain kain sesuai pilihan, motif batik pun Anda bisa memilihnya. Berikut harga yang kami tawarkan.

1. Kain batik prima permeter dengan motif sesuai pesanan Rp 23.000,- .
2. Kain batik primissima dan pola desain keinginan Anda. Kami memberi harga Rp 27.000,- permeter .
Jadi kedua batik diatas kami mengirimnya ke lokasi Anda dalam keadaan kain yang sudah ada motif batik. Untuk pemesanan atau informasi bisa sms atau whatsapp ke :
0822 6565 2222 Pak Mudzakir.

Kami menyarankan menggunakan whatsapp untuk mempermudah dalam koordinasi. Baik gambar motif batik maupun pengiriman ke lokasi Anda.

Berbeda untuk harga selain pesanan atau dibawah minimum order. Kami membanderol Rp 35.000 /meter untuk barang ready stock. Sedangkan motif sesuai pesanan Anda kami banderol Rp 23.000 / meter, minimal order 200 meter. Pesan sesuai permintaan Anda seharga Rp 22.000 / meter, minimal order 50 meter.

1.1 Tehnik pembuatan kain batik menggunakan Plangkan Cabut Warna

Tehnik pembuatan kain batik menggunakan Plangkan Cabut Warna. Cara pembuatan menggunakan plangkan dan pewarna ( cabut ). Cabut warna menggunakan pewarna sintetik. Pewarnaan dalam membatik ada dua yakni sintetik dan alami. Karena memakai sintetik, Sehingga relatif cepat dalam pembuatannya. Ada banyak warna sintetik yang tersedia antara lain : indigosol, remasol dan naptol.

Tehnik pembuatan kain batik menggunakan Plangkan Cabut Warna

Bahan katun yang digunakan biasanya prima 100 % katun. Untuk bahan yang diatasnya semisal barkolin, sangatlah jarang. Ini dikarenakan untuk mempertajam warna dan dua sisi permukaan sama ( Tembus ).

Motif yang umum pada tehinik ini ialah motif pakem. Motif pakem didominasi warna sogan dan hitam. Ada banyak motif pakem di wilayah jawa tengah, terkhusus solo dan jogja. Motif ini biasanya digunakan dalam acara adat seperti pernikahan.

Keunggulan cara ini adalah dua sisi yang sama. Sehingga warna yang melekat pada kain lebih kuat. Selain unggul dalam warna, harganya pun cukup terjangkau. Dan juga durasi pengerjaannya relatif cepat.

Ada dua harga dalam metode plangkan cabut ini. Untuk barang ready stock, kami membanderol Rp 100.000 / potong ( P x L = 240 cm x 105 cm ). Sedangkan motif sesuai pesanan Anda Rp 80.000 / potong ( ukuran P x L = 240 cm x 115 cm ) minimal order 50 potong. Pesan sesuai permintaan Anda seharga Rp 75.000 / potong, minimal order 20 potong.

Amatlah sederhana membeli ready stock maupun order batik cabut. Anda bisa whatsapp ke :
+62 822 6565 2222 Pak Mudzakir.

1.2 Tehnik pembuatan kain batik dengan cabut kombinasi tulis

Tehnik pembuatan kain batik dengan cabut kombinasi tulis di Batikdlidir. Cara pembuatan menggunakan plangkan, malam dan canting tulis. Tehnik ini merupakan mahakarya warga solo tentang tradisi. Menyatukan dua kategori fundamental yakni nilai ekonomi dan budaya. Yang kebanyakan masyarakat sulit untuk menggabungkannya.

Tulis kombinasi memakai pewarna sintetik. Pewarnaan dalam membatik ada 2 yakni sintetik dan alami. Tehnik ini memakai keunggulan warna sintetik sogan. Karena memakai sintetik, Sehingga relatif cepat dalam menghasilkan sebuah produk kain batik.

Tehnik pembuatan kain batik dengan cabut kombinasi tulis

Untuk bahan, Biasanya memakai katun prima yang halus. Dipasaran warga solo terkenal dengan sebutan prima lampion. Anda bisa pula memesan bahan selainnya seperti barkolin atau poplin. Ready stock di tempat kami kebanyakan prima halus.

Karena memakai lilin malam pada proses pembuatannya, bahan kain lebih terasa lembut. Konstruksi kain yang terkena malam dan tidak terkena malam, sangat berbeda. Handling atau handfeel berpihak pada yang memakai malam. Penemuan terbaik dari nenek moyang yang kadang terlupakan oleh kita.

Metode ini adalah perpaduan plangkan, cabut warna dan tulis canting. Untuk lilinnya juga sama, menggabungkan lilin panas dan lilin dingin. Sehingga secara lengkap keseluruhan handmade batik ada di tehnik ini.

Ada dua harga dalam tehnik kombinasi tulis ini. Kami membanderol Rp 250.000/potong untuk barang ready stock. Sedangkan motif sesuai pesanan Anda Rp 200.000 / potong ( ukuran P x L = 240 cm x 115 cm ) minimal 10 potong.

Amatlah sederhana membeli ready stock maupun order batik cabut kombinasi tulis, Anda bisa whatsapp ke :
+62 822 6565 2222 Pak Mudzakir.

1.3 Tehnik pembuatan kain batik menggunakan Tulis Kombinasi ( PM )

Tehnik pembuatan kain batik menggunakan Tulis Kombinasi di Batikdlidir. Cara pembuatan menggunakan plangkan, malam dan canting tulis. Tehnik ini merupakan mahakarya warga solo tentang tradisi. Menyatukan antara nilai ekonomi dan budaya. Yang kebanyakan masyarakat sulit untuk menggabungkannya.

Tulis kombinasi memakai pewarna sintetik. Pewarnaan dalam membatik ada 2 yakni sintetik dan alami. Karena memakai sintetik, Sehingga relatif cepat dalam menghasilkan sebuah produk kain batik.

Untuk bahan, Biasanya memakai katun prima yang halus. Dipasaran warga solo terkenal dengan sebutan prima lampion. Anda bisa pula memesan bahan selainnya seperti barkolin atau gamelan. Ready stock di tempat kami kebanyakan prima halus.

Tehnik pembuatan kain batik menggunakan Tulis Kombinasi

Karena memakai lilin malam pada proses pembuatannya, bahan kain lebih terasa lembut. Konstruksi kain yang terkena malam dan tidak terkena malam, sangat berbeda. Handling atau handfeel berpihak pada yang memakai malam. Penemuan terbaik dari nenek moyang yang kadang terlupakan oleh kita.

Metode ini adalah perpaduan cap, plangkan, tolet dan tulis canting. Untuk lilinnya juga sama, menggabungkan lilin panas dan lilin dingin. Sehingga secara lengkap keseluruhan handmade batik ada di tehnik ini.

Ada dua harga dalam tehnik kombinasi tulis ini. Kami membanderol Rp 250.000/potong untuk barang ready stock. Sedangkan motif sesuai pesanan Anda Rp 200.000 / potong ( ukuran P x L = 240 cm x 115 cm ) minimal order 15 potong.

Amatlah sederhana membeli ready stock maupun order batik tulis kombinasi. Anda bisa whatsapp ke :
+62 822 6565 2222 Pak Mudzakir.

1.4 Tehnik pembuatan kain batik menggunakan Plangkan cabut tolet

Tehnik pembuatan kain batik menggunakan Plangkan cabut tolet di Batikdlidir. Proses produksinya menggunakan plangkan, warna cabut dan tolet. Tehnik ini merupakan Salah satu penemuan pengrajin batik lokal.

Hasil dari metode ini kebanyakan warna sogan yang dikombinasikan dengan warna cerah. Dipasaran solo dan jogja, para pedagang menyebutnya batik wonogiren. Untuk warnanya sendiri terdiri dari dua sisi yang sama.

Untuk bahan, Biasanya memakai katun prima yang halus. Prima halus terdiri dari 100 % katu asli. Anda bisa pula memesan bahan selain prima seperti primis. Sebagai informasi saja, Ready stock di tempat kami kebanyakan prima halus.

Tehnik pembuatan kain batik menggunakan Plangkan cabut tolet

Ada dua harga dalam tehnik cabut tolet ini. Kami membanderol Rp 35.000 / meter untuk barang ready stock. Sedangkan motif sesuai pesanan Anda Rp 25.000 / meter, minimal 100 meter.

Amatlah sederhana membeli ready stock maupun order batik plangkan cabut tolet. Anda bisa whatsapp ke :
082265652222 Pak Mudzakir.

2.0 Tehnik pembuatan kain batik menggunakan cap atau stamp

Tehnik cap adalah memberikan malam pada GARAN kemudian dicapkan ( distamp ) pada kain. Sehingga warna bisa tembus dan bisa pula gradasi. Harganya pun terbilang masih bisa dijangkau masyarakat. Tehnik ini masih masuk dalam handmade dan tradisional.

Tehnik pembuatan kain batik menggunakan cap atau stamp

Sangat disayangkan, penggunaan tehnik cap banyak digunakan untuk keperluan ekspor. Padahal bila melihat kembali sejarahnya, batik cap memiliki nilai sejarah yang apik. Sejarah dalam memperjuangkan eksistensinya. Untuk itu kami menyarankan dan berusaha mensosialisasikan tehnik cap. Kami lakukan dengan harapan bisa dinikmati masyarakat. Karya tradisional yang sayang bila ditinggalkan.

Untuk tehnik cap, masih terkesan tradisional dan unik. Karena selain menggunakan malam, pewarnaannya bisa lebih bervariatif. Harganyapun terbilang terjangkau untuk dibuat seragam batik.

1. Kain batik prima permeter dengan motif sesuai pesanan Rp 25.000,- .
2. Setiap meternya berbahan katun primisima kami banderol Rp 30.000,- .

Untuk warna, tehnik cap memiliki nilai tersendiri. Anda akan mendapatkan warna solid. Selain itu, bisa pula membuat warna gradasi. Orang mancanegara menyebutnya dengan tehnik tie dye.

Untuk detailnya bisa whatsapp ke 0822 6565 2222 Pak Mudzakir. 24 jam nonstop melayani pemesanan seragam batik. Bentuk dedikasi kami di bidang perbatikan.

Tehnik ini, Ada dua harga yakni selain pesanan atau dibawah minimum order dan ready stock. Kami membanderol Rp 40.000 /meter untuk barang ready stock. Sedangkan motif sesuai pesanan Anda Rp 30.000 / meter, minimal 100 meter.

Kain Batik cuwiri di Batikdlidir ( Bagian dari tehnik cap )

Kain Batik cuwiri di Batikdlidir dibuat dengan mengunakan cap drig. Batik Cuwiri meruapakan motif batik yang menggunakan zat pewarna soga alam. Biasanya batik ini digunakan untuk semekan dan kemben.

Kain Batik cuwiri di Batikdlidir ( Bagian dari tehnik cap ) kualitas ekspor bahan primis

Pembuatan motif cuwiri memakai dua cap yang saling berpasangan ( cap drig ). Stamp atau garan cap drig ialah 2 tembaga yang biasanya berukuran 20 cm x 20 cm, dengan fungsi saling mengisi satu sama lainnya. Biasanya orang jawa menyebutnya dengan istilah plus dan minus.

Dahulu kala, pewarnaan yang mengisi motif ini identik dengan warna soga alam. Dengan bertambahnya tahun, inovasi terus dikembangkan oleh pengrajin. Sehingga warna sogan masih dipertahankan, dikombinasikan warna modern. Di batikdlidir memakai pewarnaan sintetik remasol. Sedangkan tehnik warna dasar identik smoke atau gradasi. Berikut gambarnya :

Kain Batik cuwiri di Batikdlidir

Bahan katun yang dipakai adalah primis kualitas premium. Konstruksi kain primis pada umumnya 133 x 72 dengan ketebalan benang 50 s. Sehingga menghasilkan produk batik yang istimewa. Ditambah peletakkan malam, membuat warna tembus atau dua sisi kain yang sama. Alhasil handling atau hand feel yang halus dan terkesan hidup saat Anda melihatnya.

Cuwiri identik dengan garis warna sogan, baik warna coklat tua maupun muda. Warna dalam motif terdiri dari 5 warna yang berbeda. Dan ini merupakan kebanyakan yang kami jumpai, dengan garis soga sebagai identitas aslinya.

Harga permeter di Batikdlidir untuk cuwiri ialah Rp 60.000,- minimal order 5 potong. Setiap potongnya ada yang memiliki ukuran 2 meter dan ada pula 3 meter. Lebih jelasnya atau sekedar informasi bisa whatsapp ke : 0822 6565 2222 Pak Mudzakir, Nuwun.

3.0 Tehnik pembuatan kain batik menggunakan Canting atau Tulis

Tehnik canting merupakan mahakarya dari sebuah batik. Sebuah karya, tradisi dan tehnik yang harus dilestarikan. Tehnik ini sudah mengakar kuat di Indonesia, khususnya kota solo, pekalongan dan jogja. Batik tulis adalah pembuatannya secara khusus dengan menuliskan atau menerakan malam pada kain. Alat – alat yang digunakan yakni canting, malam, kain dan pemanas malam ( kompor kecil ).

Tehnik pembuatan kain batik menggunakan Canting atau Tulis

Biasanya diperuntukkan bagi direksi perusahaan atau kalangan menengah keatas. Ini bukan tanpa alasan, karena harganya relatif mahal. Mengapa bisa mahal?, proses pembuatan membutuhkan waktu 2 minggu sampai 2 bulan. Waktu tersebut menghasilkan hanya satu potong batik tulis . Itulah yang membuatnya terbilang mahal.

Berikut tahapan dan jenjang harganya :

1. Tehnik ukel.
Yaitu Tehnik mencantingkan malam berbentuk setengah lingkaran. Tehnik ini juga termasuk untuk membuat pola gringsing dan obat nyamuk. Untuk tehnik ini masuk kategori tersulit kisaran. Kami memberi harga Rp 1.000.000,- sampai Rp 3.000.000,- perpotongnya. Kisaran ini tergantung bahan kain, pewarnaan dan tingkat kealusan dalam membatik (pengerjaan maksimal 3 bulan).

2. Tehnik Granit.
Yaitu tehnik mencantingkan malam dengan metode titik titik yg diluar pola. Sedangkan yg didalam pola bernama pasiran. Tehnik ini tergolong sulit karena dasar pembedanya dari sisi besar kecilnya canting.
Semakin kecil canting akan membutuhkan tingkat kerapian dan kesabaran yang tinggi. Dan juga memakan waktu cukup lama.

Tehnik pembuatan kain batik menggunakan Canting atau Tulis mudzakir 1

Untuk tehnik ini kisaran harga Rp 900.000,- sampai Rp 3.000.000,- perpotongnya. Kisaran ini tergantung dari kehalusan. Selain itu, juga bahan kain yang digunakan. Pengerjaan tehnik granit menyita waktu 2 minggu.

3. Tehnik Buh.
Yaitu tehnik mencantingkan malam secara merata. Meliputi didalam pola utama maupun di tumpal. Untuk tehnik ini kisaran harga Rp 400.000,- sampai Rp 700.000,- perpotongnya. Proses pembuatannya kami menampilkan kepada Anda dalam bentuk video dan gambar.

2.1 Tehnik pembuatan kain batik menggunakan cap tie dye

Tehnik pembuatan kain batik menggunakan cap tie dye di Batikdlidir. Tehnik cap adalah memberikan malam pada garan kemudian dicapkan ( distamp ) pada kain. Malam atau lilin ini berfungsi untuk menutupi dan membatasi saat proses penyelupan warna. Sehingga warna bisa tembus karena melalui tahapan pencelupan ( tie dye dalam bahasa inggris ).

Untuk harga terbilang terjangkau dibandingkan tehnik tulis. Tehnik cap tie dye diperuntukkan kebanyakan keperluan ekspor. Perpaduan gradasi dengan warna modern sangat diminati masyarakat Amerika dan Eropa. Walaupun ada, sebagian kecil masyarakat Indonesia yang memakai batik cap tie dye ini. Padahal produsen asli tehnik ini adalah warga Nusantara.

Tehnik pembuatan kain batik menggunakan cap tie dye

Untuk tehnik cap tie dye, terkesan tradisional, modern dan unik. Karena selain menggunakan malam, pewarnaannya bisa lebih bervariatif. Harganyapun terbilang terjangkau untuk dibuat seragam batik.

1. Kain batik prima permeter dengan motif sesuai pesanan Rp 25.000,- .
2. Setiap meternya berbahan katun primisima kami banderol Rp 30.000,- dalam wujud kain batik.

Untuk warna, tehnik cap memiliki nilai tersendiri. Anda akan mendapatkan warna solid. Selain itu, bisa pula membuat warna gradasi. Orang mancanegara menyebutnya dengan tehnik tie dye.

Untuk detailnya bisa whatsapp ke 0822 6565 2222 Pak Mudzakir. 24 jam nonstop melayani Anda. Bentuk dedikasi kami di bidang perbatikan.

Tehnik ini, Ada dua harga yakni selain pesanan atau dibawah minimum order dan ready stock. Kami membanderol Rp 40.000 /meter untuk barang ready stock. Sedangkan motif sesuai pesanan Anda Rp 30.000 / meter, minimum pemesanan 100 meter.

Batik fabric.

Perkembangan kain batik seluruh Nusantara

Kain batik yang diidentikkan sebagai kain Nusantara, Saat ini berkembang menjadi industri modern. Konsekuensi dari masuknya batik ke dalam industri modern, batik dituntut mengikuti perkembangan zaman. Sehingga wajib menyesuaikan perkembangan mode dan dengan tuntutan pasar. Perkembangan batik yang mengikuti perkembangan zaman dari tahun ke tahun akhirnya menunjukkan dinamika beragam.

Batik sebagai produk seni adiluhung, awalnya kelahirannya banyak diwarnai simbol-simbol keraton. Penggunaannya pun seperti masih terbatas didominasi oleh kalangan keraton. Tapi akibat pergeseran waktu, batik pun kemudian menjadi komoditas yang diperdagangkan secara luas. Dewasa ini, penggunaan batik sudah mulai memasyarakat. Batik juga sudah mulai digunakan tidak hanya dalam upacara adat, namun juga dalam keseharian. Mulai bermunculan baju-baju yang bermotif batik berkualitas. Hingga saat ini banyak sekali tempat khusus yang menjual batik ini. Mulai dari batik yang benar-benar sakral dan murni, hingga batik modifikasi yang diaplikasikan dalam pakaian sehari-hari.

Dalam perkembangannya, upaya membuat kain Nusantara bisa memenuhi kebutuhan masa kini mengambil beragam bentuk. Bukan hanya ragam hias yang disesuaikan kebutuhan saat ini atau benang kapas diganti sutra untuk mendapatkan kain yang lebih ringan dan lebih mudah disesuaikan untuk berbagai keperluan, melainkan juga cara kain tersebut digunakan, terutama ketika kain tersebut ditujukan untuk busana.

Saat ini batik telah menjadi tren baru di tengah masyarakat. Tak hanya sandang yang menggunakan kain batik sebagai bahannya. Sarung bantal, gordyn, dan seprei pun telah ada yang menggunakan kain batik. Ini adalah awal mula yang baik bagi pelestarian seni batik. Awalnya harus mencintai dahulu, kemudian muncul rasa andarbeni (memiliki) dan akhirnya nguri-uri (melestarikan).

Kain Batik Aceh Sangat Kental Dengan Sisi Keislaman

Untuk warna yang dominan dipakai dalam batik Aceh adalah warna cerah, seperti warna merah muda, merah, kuning, hijau dan lainnya. Sehingga kain batik akan terlihat cerah dan juga glamour. Dalam Motif batik Aceh mengandung makna yakni menggambarkan kepribadian masyarakat Aceh. Di dalamnya terdapat makna falsafah kehidupan yang menjadi kearifan lokal dan pedoman hidup masyarakat Aceh.

Kain Batik Aceh Sangat Kental Dengan Sisi Keislaman

Motif-motif Batik Aceh yang terkenal diantaranya adalah motif pintu Aceh, bunga jeumpa, motif tolak angin, rencong, awan berarak, awan meucanek, gayo, pucok reubong, dan sebagainya. Masyarakat Aceh memiliki tabiat dan adat istiadat tidak mudah terbuka dengan orang asing namun dapat menjadi sangat baik bahkan bagaikan saudara kandung bila sudah saling mengenal.

Kain Batik Bali

Batik bali saat ini memang cukup terkenal. Banyak wisatawan mencari batik bali. Memang batik Bali bisa dikatakan memang belum begitu lama. Tetapi, perkembangan yang terjadi sangat signifikan. Banyak sekali seniman Bali yang menciptakan beragam motif batik Bali. Dan motif ini sangat menarik. Hal ini karena, motif yang diciptakannya berlatar tradisi Bali. Beberapa diantaranya berhubungan dengan dewa-dewa atau kepercayaan Bali.

Kain Batik Bali

Selama ini Bali memang lebih dikenal dengan pariwisatanya. Tetapi, di balik itu ternyata ada keindahan seni batik yang sangat luar biasa. Batik dari Bali mempunyai ciri khas tersendiri. Dari ciri khas inilah yang menjadi keunikan batik Bali. Beberapa keunikannya seperti kain yang dipakai untuk bahan batik lebih berat. Ini tentunya jika dibandingkan dengan batik dari daerah lain. Seperti Kota Solo, Jogja, Pekalongan, Banyumas dan juga daerah lainnya.

Lalu untuk setiap gambar atau motif, memang tidak selalu sama. salah satu penyebabnya, karena proses pembuatannya masih secara manual. Karena kebebasan dalam berekspresi, batik Bali bisa dikatakan lebih atraktif. Ada perpaduan antara batik modern dengan tradisional. Selama ini sepertinya di Bali tidak punya pakem atau aturan seperti pembuatan motif di daerah lainnya. sehingga, para seniman batik bisa lebih leluasa untuk berekspresi.

Dan keunikan batik tulis Bali yang lain adalah latar belakang setiap motif yang diciptakan. Selama ini motif yang ada kebanyakan atau didominasi dengan cerita dewa. Atau kalau tidak mengenai tradisi yang ada di Bali. Dan bagi yang sudah menyukai Bali, pastilah harus memiliki batik ini. dan jika anda ingin mendapatkan batik Bali, kami (Batik Dlidir) bisa menyediakannya untuk anda.

Untuk informasi atau pemesanan bisa whatsapp di 0822 6565 2222 Pak Mudzakir.

Kain Batik Banyuwangi

Kain Batik Banyuwangi terkenal dengan warna-warna yang cerah. Ini seperti sudah menjadi ciri khas dari daerah tersebut. Sama halnya daerah pesisir seperti Madura, batik dari Banyumas ini relatif memilih warna yang bergelora. Seperti warna merah, hijau, kuning, biru dan warna lainnya.

Kain Batik Banyuwangi

Selain warnanya yang sangat identik cerah, batik Banyuwangi ini juga mempunyai salah satu motif yang sangat terkenal yakni Gajah Oling. Banyak yang menyebut, Gajah Oling ini bukan motif melainkan logo. Tetapi, banyak juga yang juga membuat motif ini. Motif ini menjadi salah satu ikon batik di Banyuwangi.

Motif ini tidak hanya dibuat begitu saja. tetapi, ada filosofi atau makna yang tersembunyi di baliknya. Gajah adalah hewan yang sangat besar. Sedangkan oling atau osing bisa diartikan mengingat atau tidak melupakan. Jadi makna dalam motif ini adalah agar kita tidak melupakan yang besar dalam artian Tuhan. Selain motif gajah oling, sebenarnya ada motif lain yang tidak kalah menarik. Seperti motif Kakung stikes, parasgempal, sekarjagad dan beberapa motif unik lainnya.

Tetapi, keunikan batik Banyuwangi mulai tergerus oleh keberadaan batik cap dan printing. Inilah yang membuat jumlah perajin batik tulis di Banyumas mulai berkurang. Banyak yang beralih ke batik printing dan cap. hal ini salah satunya karena harganya lebih murah. Selain itu proses pembuatannya juga tidak butuh waktu yang lama.

Dan inilah yang menjadi salah satu tugas kami (Batik Dlidir). Kami adalah pusat batik tulis yang ada di Solo. Bermula dari banyaknya peminat batik tulis, kami pun tergerak untuk menyediakannya.

Kain Batik Motif Batik Bojonegoro

Kain Batik Motif Batik Bojonegoro

Kain Batik Motif Banyumas

Batik Banyumas sebenarnya tidak kalah uniknya dengan lainnya. Hanya saja mungkin selama ini pamor batik tulis ini masih kalah dengan yang lain. batik asli dari Banyumas memiliki warna yang tersendiri. Kebanyakan warnanya adalah coklat dan hitam. Tetapi kadang juga menggunakan pelantaran warna kuning tua. Inilah yang menjadi salah satu pembeda dengan batik dari daerah lainnya.

Kain Batik Motif Banyumas

Beberapa motif yang paling terkenal di Banyumas diantaranya, sekarsurya, sidoluhung, lumbon (lumbu), jahe puger, cempaka mulya, kawung jenggot, madu bronto, satria busana dan juga pring sedapur. Motif-motif ini menjadi motif yang banyak berkembang di Banyumas. Seperti daerah lainnya, keberadaan batik tulis di Banyumas karena adanya pengaruh dari daerah lain.

Ada yang mengatakan, batik di Banyumas ini di bawa oleh para pengungsi dari Solo. Ini terjadi sekitar tahun 1680 atau ketika di Solo terjadi perang Saudara karena ulah VOC. Dan beberapa diantaranya warga Solo ada yang mengungsi hingga ke Banyumas. Makanya, batik dari Banyumas ini ada beberapa motifnya yang hampir sama dengan motif batik dari Solo.

Dan jika anda menginginkan batik tulis Banyumas ini, anda bisa memesannya di tempat kami (Batik Dlidir). Kami menyediakan beragam motif batik tradisional Banyumas. Kalau pun anda ingin motif yang lain dari yang lain, anda bisa mengajukannya kepada kami. Kami tidak hanya menyediakan batik dari Banyumas saja, tetapi juga daerah lain di Indonesia.

Anda masih meragukan? Makanya segera saja menghubungi saya (Pak Mudzakir) di nomor 082265652222. Kami selalu siap menunggu telepon atau whatsapp dari anda.

Kain Batik Banten

Kain Batik Banten
Ciri unik batik Banten yaitu memiliki corak warna yang condong ceria disertai menggunakan perpaduan warna pastel yang terkesan lembut. Hal-hal inilah menyimbolkan kalau masyarakat Banten memiliki ciri-ciri dengan hati yang ramah.

Disamping itu, batik Banten memiliki ciri khas terkait pola hias gerabah klasik serta keramik terkait peninggalan kerajaan Banten. Filosofi batik Banten sebagian besar bercerita mengenai sejarah seperti nama bangunan, gelar, tempat serta lain-lain. Sebagian desain Banten yang terkenal ialah desain , sabakingking, mandalikan pasepen, pejantren, pasulaman, kapurban, dan lainnya.

Kain Batik Betawi

Sebelum berkembang seperti sekarang ini, Betawi tidak memiliki batik dengan motif atau warna yang khas. Semua warna maupun motif batik mirip dengan batik dari daerah asalnya. Misalkan batik dari Solo, Yogyakarta maupun daerah lainnya. tetapi, kemudian batik Betawi semakin berkembang. Dan muncullah beberapa motif yang sangat khas dengan Betawi. Seperti batik dengan bentuk geometris. Dan bagian depannya ada bentuk segitiganya. Selain itu kemunculan motif berupa burung hong menjadi ciri khas tersendiri.

Kain Batik Betawi

Burung hong ini merupakan lambang dari kebahagiaan. Selain itu, motif berupa bunga juga merupakan adaptasi dari motif batik hokokai. Dan sekarang, Betawi sudah memiliki beberapa motif batik khasnya. Sebut saja batik dengan motif ondel-ondel, motif nusa kelapa, motif ciliwung, motif rasamala, motif pucuk rebung, dan juga motif salakanagara. Motif-motif tersebut dikenal dengan motif khas Betawi.

Dan jika anda tertarik untuk mendapatkan batik khas Betawi, anda bisa memesannya di tempat kami (Batik Dlidir). Kami merupakan pusat batik yang ada di Solo. Anda bisa mengajukan motif yang anda inginkan. Dan para perajin profesional kami akan membuatkan batik seperti yang anda inginkan.

Untuk informasi atau pemesanan bisa whatsapp di 0822 6565 2222 Pak Mudzakir.

Kain Batik Bengkulu dengan motif kaligrafi

Kain Batik Bengkulu dengan motif kaligrafi

Ciri-ciri unik batik Bengkulu merupakan motifnya tambah kebanyakan ke arah huruf semite atau kaligrafi dan juga bunga raflesia yang merupakan ciri-ciri unik kotar Bengkulu. Disamping itu ada pula motif burung walet, sebab di Bengkulu Selatan termasuk sentra produksi burung walet.

Khasnya juga, desain batik Bengkulu ditambahkan dengan motif lain seperti desain relung paku, burung kuau, dan juga lain seterusnya.
Untuk informasi atau pemesanan bisa whatsapp di 0822 6565 2222 Pak Mudzakir.

Kain Batik Motif Batik Cirebon

Kain Batik Cirebon yang paling terkenal adalah motif mega mendung. Motif ini bahkan sudah menjadi ikon dari Kota Cirebon. Sampai saat ini belum ada yang mampu menandingi ketenaran motif ini. Mega mendung ini memiliki filosofi kesuburan. Ini dari motif awan yang berarti hujan dan memberi kehidupan. Yang membuat batik ini begitu unik adalah degradasi warnanya. Proses pembuatan batik ini dilakukan lebih dari tiga kali.

Kain Batik Motif Batik Cirebon

Selain motif mega mendung, sebenarnya Cirebon punya motif lainnya. Dan motif-motif ini tidak kalah indahnya dengan motif mega mendung. Seperti motif pasi naga liman, patran keris, singa payung, singa barong dan juga pecutan. Motif pecutan ini memang masih kalah tersohor jika dibandingkan dengan motif mega mendung. Padahal, motif ini sudah ada sejak ratusan tahun silam. Motif ini khas dari Ciwaringin.

Yang menarik dari motif ini adalah bahan pembuatannya. Jika yang lain menggunakan malam dan sebagainya. Batik motif pecutan ini menggunakan bahan dasar dari pohon. Baik itu daunnya maupun kulit pohon. Biasanya pohon yang digunakan adalah mahoni. Atau kalau tidak rambutan. Tetapi, jika memakai rambutan hanya bisa saat musimnya saja. Kalau tidak ya memakai mahoni.

Keindahan dan keunikan batik Cirebon ini kini dengan mudah bisa anda miliki. Kami (Batik Dlidir) menyediakan berbagai macam motif batik Cirebon. Mulia dari motif ikoniknya yakni mega mendung atau pun motif yang lainnya. Kami menyediakan motif batik yang sudah siap atau dengan sistem pre order. Jadi jika anda menginginkan motif batik tulis Cirebon, kami siap melayaninya.

Kain Batik Motif Batik Cilacap

Kain Batik Motif Batik Cilacap

Cilacap termasuk wilayah yang mempunyai beragam budaya yang khas serta unik, diantaranya merupakan budaya membatik. Ciri khas batik Cilacap ialah mempunyai pilihan warna klasik, yakni warna coklat, hitam, dan juga putih.

Terkait motif batik Cilacap biasanya inspirasinya dari keadaan lingkungan sekitar seperti tumbuh-tumbuhan dan hewan. Batik Cilacap juga memiliki motif kontemporer khas Cilacap, diantaranya adalah buah jeruk, buah growok, dan juga sungai serayu.

Untuk informasi atau pemesanan bisa whatsapp di 0822 6565 2222 Pak Mudzakir.

Kain Batik Motif Batik Ciamis

Kain Batik Motif Batik Ciamis

Batik Ciamis berbeda dengan sebagian besar batik yang lain. Corak batik Ciamis tidak terlalu rumit dan juga ramai. Motif batik Ciamis lazimnya disebut dengan nama Ciamisan dan juga memiliki ciri-ciri yang simpel.

Variasi hias batik Ciamis memiliki kesan naturalistik, banyak memakai gambar tanaman, binatang dan juga tempat alam sekeliling. Beberapa motif alam sekitar yang lebih sering ditemukan pada batik Ciamisan adalah lereng maupun rereng.

Kain Batik Motif Batik Cianjur an

Kain Batik Motif Batik Cianjur
Karakteristik khas batik Cianjur yaitu memiliki aneka warna yang bernuansa natural seperti tanaman yang ada di wilayah Cianjur. Lazimnya warna batik Cianjur mirip dengan warna tanah, daun, maupun bulir padi.

Desain batik Cianjur secara umumnya dapat dikelompokkan menjadi 4 macam motif, diantaranya ialah desain beasan, mamaos, maenpo, serta hayam pelung.

Kain Batik Motif Batik Cimahi

Kain Batik Motif Batik Cimahi

Kota tersebut pula mempunyai peninggalan batik asli yang tidak kalah sama batik yang lain yang terdapat di Indonesia.

Kota Cimahi mempunyai 5 desain batik original, beberapa diantaranya merupakan motif anyaman bambu, lereng kujang, daun singkong, curug cimahi, serta pusdik.

Ditinjau dari motif-motif inilah bisa kita dapat kita ambil kesimpulan, bahwa masyarakat Cimahi sebagian besar terinspirasi oleh lingkungan alam wilayah Cimahi tersebut sendiri.

Untuk informasi atau pemesanan bisa whatsapp di 0822 6565 2222 Pak Mudzakir.

Kain Batik Motif Batik Demak

Kain Batik Motif Batik Demak
Ciri khas batik Demak terutama motifnya merupakan hasil gabungan motif pesisiran dan motif pertanian dan dapat kita jumpai berbagai gabungan corak antara Majapahit dan nilai-nilai yang terkandung dalam ajaran Islam.

Maksudnya adalah agar mengenalkan lagi beraneka jenis corak batik Demak terhadap kalangan pecinta batik di seluruh dunia.

Kebanyakan motif batik Demak mendapatkan pengaruh dari sejarah Kerajaan Demak dan kebanyakan sering didominasi motif pesisiran. Tidak hanya itu, motif batik demak pula terdapat kekhasan yakni perpaduan antara motif klasik dengan motif kontemporer.

Kain Batik Motif Batik Banjarnegara

Batik tulis Gumelem Banjarnegara menjadi salah satu industri andalan di Kabupaten ini. Nama Gumelem sendiri diambil dari nama desa penghasil batik. yakni ada Gumelem Wetan dan juga Gumelem Kulon. Dua desa ini sama-sama menjadi pusat atau sentra industri batik di Kabupaten Banjarnegara. Di dua desa ini terdapat puluhan perajin batik. mereka tergabung dalam kelompok Usaha Kecil dan Menengah (UKM).

Kain Batik Motif Batik Banjarnegara

Seperti halnya batik dari Kota Solo, Jogja, ataupun Pekalongan. Batik tulis Gumelem ini juga mempunyai ciri khas tersendiri. Ciri khas ini terletak pada motif yang dibuatnya. Motif batik Gumelem yang sangat terkenal yakni motif udan liris dan rujak senthe. Dua motif ini menjadi motif yang ikonik untuk batik tulis Gumelem.

Selain motifnya, ciri khas lain dari batik Gumelem adalah pemilihan warna dasarnya. Batik tulis Gumelem ini didominasi dengan warna coklat, hitam dan juga warna kuning. Sedangkan untuk motifnya kebanyakan adalah motif flora, yakni bunga. Batik tulis Gumelem ini kebanyakan menggunakan kain katun atau sunforis. Dua jenis kain ini sudah jamak digunakan oleh para perajin batik tulis di Gumelem.

Ada beberapa perbedaan yang mencolok dalam proses pembuatan batik Gumelem ini. yakni para perajin sering mencolet atau menghadirkan warna lain untuk kombinasi. Beberapa warna yang dipilih untuk colet adalah warna merah, kuning dan juga warna lainnya. dengan adanya proses ini batik tulis Gumelem lebih atraktif dan lebih bervariasi. Sehingga, tidak ada kesan monoton dalam setiap motif yang dihadirkannya.

Anda juga bisa memiliki batik tulis Gumelem ini. caranya, anda bisa memesannya di tempat kami (Batik Dlidir). Kami menyediakan berbagai motif batik khas dari daerah di Indonesia. anda bisa memilih sendiri motif daerah mana yang anda inginkan.

Untuk informasi atau pemesanan bisa whatsapp di 0822 6565 2222 Pak Mudzakir.

Kain Batik Motif Batik Brebes

Kain Batik Motif Batik Brebes

Kain Batik Madura

Batik tulis Madura Pamekasan punya ciri tersendiri. Ini menjadi satu keunikan yang tidak bisa anda temui pada batik lainnya. Yang menjadi ciri utama batik tulis Madura adalah warnanya. Hampir setiap batik Madura mempunyai warna cerah atau ngejreng. Dan salah satu warna yang sering digunakan adalah merah. Motif ini bisa diterapkan untuk berbagai motif. Mulai dari motif bunga, hewan dan juga motif yang lainnya.

Kain Batik Madura
Penggunaan warna cerah ini memang sudah jamak dilakukan oleh perajin batik di pesisir. Bahkan ini sudah menjadi sebuah identitas batik pesisir. Di mana para perajin banyak memilih warna cerah. Dan salah satu pusat batik di Madura adalah Pamekasan. Sama halnya dengan sentra industri batik lain di Madura. Batik dari Pamekasan ini juga menggunakan warna yang khas daerah pesisir.

Keunikan lainnya dari batik tulis Madura Pamekasan adalah penggunaan bahan pewarna. Batik Madura selalu menggunakan pewarna alami. Tanpa ada bahan pewarna tekstil. Karena, itulah warna yang dihasilkannya pun sangat mencolok. Seperti warna merah, kuning, hijau, dan warna lainnya. Selain itu, penggunaan warna alam ini juga sangat ramah lingkungan.

Selain masalah warna, ciri khas batik tulis Madura Pamekasan terletak pada motifnya. Karena berada di daerah pesisir, motif ini banyak dipengaruhi oleh sejumlah pedagang dari luar. Seperti Cina, India dan juga Gujarat. Inilah yang kemudian menjadi sebuah akulturasi budaya. Dan berpengaruh pada motif batik. Motif yang banyak kita jumpai untuk batik Madura adalah, binatang, tumbuhan serta motif lainnya.

Kain Batik Malang

Batik Malang biasa juga disebut dengan batik malangan. Batik ini punya beberapa ciri khusus. Beberapa ciri tersebut diantaranya, motif dasaran adalah candi badut. Isen-isen berupa tugu Malang. Biasanya batik Malang mempunyai boket. Boket adalah hiasan pinggiran kain batik. Biasanya boket ini bergambar bunga-bunga yang membentuk pola rantai.

Kain Batik Malang

Malang mempunyai beberapa motif batik tulis yang khas. Batik tulis ini sudah ada sejak lama. Dan sampai sekarang masih diproduksi. Beberapa motif khas batik tulis dari Malang seperti kembang pring, kucecwara, celaket, dele kecer, kembang kopi, terate singo, kembang juwet, kembang jeruk, kembang tanjung, kembang manggar dan sejumlah motif khas lainnya.

Sama halnya dengan batik tulis di Kota Solo maupun Jogja. Batik, tulis Malangan ini juga sarat akan filosofi. Bahkan hampir dari setiap motif yang diciptakan pasti punya makna yang terkandung di dalamnya. Makan ini biasanya berupa wejangan atau nasihat dalam kehidupan. Misalkan saja, gambar tugu Malang. Bentuk ini bagi para perajin batik Malangan merepresentasikan sebuah keperkasaan dan juga ketegaran.

Selain itu, ada juga motif bunga teratai. Motif ini menggambarkan tentang keindahan dan juga kesuburan. Pada zaman kerajaan Singosari, bunga teratai ini dikenal sebagai bunga dari Dewa Whisnu pemelihara alam. Atau juga motif sulur-sulur. Ini mempunyai makna bahwa kehidupan tidaklah kekal. Tetapi, selalu tumbuh dan berkembang, serta senantiasa menunjukkan bahwa manusia pasti akan menemui ajalnya.

Dan salah satu batik yang cukup terkenal adalah motif batik celaket. Batik ini memang termasuk salah satu batik modern. Batik ini diangkat oleh sosok yang bernama Hanan Jalil. Celaket diambil dari nama kampungnya. Meski batik baru, tetapi celaket bisa bersaing dengan jenis batik lainnya. Untuk mendapatkan batik berkualitas, anda bisa membelinya di tempat kami (Batikdlidir) di nomor 082265652222.

Kain Batik Pekalongan

Batik Pekalongan memiliki ciri khas tersendiri. Inilah yang membedakannya dengan batik tulis dari daerah lain. Ciri khas ini bisa dilihat dari motif dan warnanya. Setiap daerah biasanya memang memiliki motif yang khas. Hal ini karena, motif yang dibuat biasanya berdasarkan tradisi dan budaya masyarakatnya. Dan setiap daerah pastilah punya tradisi dan budaya masing-masing. Meskipun, kadang ada daerah yang memiliki motif batik mirip.

Kain Batik Pekalongan

Untuk jenis batik tulis Pekalongan sendiri sangat beragam. Wajar jika Pekalongan punya banyak motif andalan. Salah satunya karena, Kota ini juga mendapat julukan sebagai Kota Batik di Indonesia. Beberapa motif khas batik Pekalongan yang sangat terkenal diantaranya, ada motif ornamen khas Pekalongan. Motif ini memadukan antara bentuk tumbuhan dan burung garuda. Dengan motif ini tidak hanya memiliki warna yang sangat menarik. Tetapi, kerumitan motifnya membuatnya pantas untuk dikagumi.

Selain itu ada juga motif jlamprang. Motif ini tidak berbentuk hewan melainkan bentuk geometeri. Ini dipengaruhi oleh syiar Islam dan menghindari gambar mahkluk. Ada juga motif liong, yakni sebuah gambar hewan yang mirip dengan seekor naga. Lalu ada motif berwarna lainnya. Bagi anda yang paham batik tulis pasti cukup mudah membedakan jenis batik. Baik itu batik dari Pekalongan, Solo, Yogyakarta atau pun dari daerah lain.

Untuk informasi atau pemesanan bisa whatsapp di 0822 6565 2222 Pak Mudzakir.

Kain Batik Motif Batik Tegal

Kain Batik Motif Batik Tegal
Berdasarkan segi pewarnaan, pemakaian batik tegal lebih ke jenis warna yang gelap dan pada umumnya digabungkan sama motif hewan dan tumbuhan.

Sebagian motif batik Tegal diantaranya yaitu cempaka putih, cempaka mulya, semut runtung, manuk surwiti, kembang kertas, gedong kosong, kawung melinjo, dan terus banyak lagi jenis yang lain.

Kain Batik Motif Batik Solo

Batik tulis khas Solo bisa dilihat dari warna batiknya. Batik tulis Solo kebanyakan menggunakan warna coklat sogan. Dan ini sudah dikenal sejak zaman dahulu. Ini juga sudah menjadi identitas dari setiap batik dari Solo. Bagi anda para pecinta atau pun kolektor batik, tentunya sudah tidak asing dengan ciri khas yang satu ini.

Batik tulis khas Solo bisa dilihat dari warna batiknya

Untuk permainan warna ini setiap daerah memang mempunyai ciri khasnya sendiri-sendiri. misalkan untuk batik yang ada di daerah pesisir, biasanya memilih warna terang. Seperti batik Madura, Lasem atau Rembang dan juga yang lainnya.

Selain warna, ciri khas lain dari batik Solo adalah motifnya. Berbeda dengan batik lain, batik tulis asli Solo memiliki bentuk geometris. Tetapi, bentuknya lebih kecil dibandingkan dengan daerah lainnya. Salah satu batik yang cukup unik adalah batik truntum. Meskipun, batik ini identik dengan batik dari Kota Jogja, tetapi Kota Solo juga punya motif truntum. Perbedaannya, untuk bentuknya lebih kecil. Sedangkan untuk motif batik dari Jogja lebih besar.

Selain truntum, motif batik tulis khas Solo lainnya seperti sidoasih, sidomukti, dan sidoluhur. Selain bentuk geometris, batik asli Solo juga bisa dilihat dari beberapa motif lainnya. Seperti motif parang kusumo. Tetapi, sebelum motif ini bisa dikenakan oleh masyarakat umum, motif ini hanya terbatas untuk kalangan raja saja.

Makanya, pada waktu itu hanya kalangan keluarga kerajaan saja yang bisa mengenakan busana jenis ini. Lalu ada motif batik asli lain yang juga khas Solo yakni motif sekar jagad. Motif ini sudah begitu ikonik. Sekar artinya bunga dan jagad berarti dunia. Jadi motif ini mengandung makna bahwa gambaran keindahan bunga sedunia.

Untuk informasi atau pemesanan kain batik solo bisa whatsapp di 0822 6565 2222 Pak Mudzakir.

Kain Batik Motif Batik Yogyakarta

Beberapa motif batik yang populer untuk batik tulis Jogja diantaranya, ceplok dan grompol. Motif batik ini terdiri dari berbagai model geometri. Yang bisa saja berbentuk bunga mawar, bintang atau pun bentuk yang lainnya. Grompol sendiri dapat berarti berkumpul. Motif ini memiliki filosofi agar semua yang baik berkumpul. Seperti rejeki, kebahagiaan, ketentraman dan hal baik lainnya.

Kain Batik Motif Batik Yogyakarta

Selain motif grompol ada juga motif kawung. Motif ini terdiri dari beberapa bentuk elips yang menyatu. Ada yang mengatakan, jika motif ini seperti jenis pohon palem dengan buah aren. Ini terlihat dari bentuk buahnya yang lonjong. Motif kawung ini biasanya berwarna putih, sehingga banyak yang beranggapan bahwa ini adalah kolang kaling. Motif ini bisa diartikan sebuah kesakralan, kesucian.

Dan satu lagi motif khas Jogja yang tidak kalah populer adalah motif parang. Ada beberapa jenis motif parang. Diantaranya, parang barong, parang rusak, parang gedreh, parang tuding. Kalau anda menginginkan motif khas Jogja lainnya, anda bisa mendapatkannya di tempat kami (Batik Dlidir). Kami memiliki koleksi motif batik khas Jogja yang bisa anda pilih. Mulia dari motif yang tradisional sampai motif modern.

Untuk informasi atau pemesanan bisa whatsapp di 0822 6565 2222 Pak Mudzakir.

Kain Batik Jakarta

Kain Batik Jakarta yang lebih modern. Sekarang ini Jakarta sudah memiliki beberapa batik khas. Seperti motif loreng ondel-ondel, nusa kelapa, ciliwung, rasamala, salaka nagara dan beberapa motif khas lainnya. Sama halnya dengan daerah batik lainnya. batik yang Jakarta ini menggambarkan mengenai kehidupan masyarakatnya. Selain itu juga mengenai ikon atau yang khas dari Ibukota Negara ini. Ini seperti motif ondel-ondel. Seperti kita ketahui, bahwa ondel-ondel ini merupakan kesenian khas dari Betawi.

Kain Batik Jakarta

Dengan adanya motif ini, sekaligus semakin melestarikan budaya yang sudah ada sejak nenek moyang. Kemudian ada juga motif batik tulis Ciliwung. Ciliwung adalah sungai yang menjadi ikon Kota Jakarta. Dan jika anda ingin memiliki batik tulis khas seperti ini, anda bisa memesannya di tempat kami (Batikdlidir). Kami siap melayani setiap pesanan batik tulis dari anda. Mulai dari batik khas, sampai dengan batik yang sudah sangat jarang ditemui.

Untuk informasi atau pemesanan bisa whatsapp di 0822 6565 2222 Pak Mudzakir.

Kain Batik Motif Batik Tasik

Kain Batik Motif Batik Tasik

Batik khas yang terdapat di Kota Tasik yaitu batik priangan. Batik pringan termasuk batik yang mempunyai desain sederhana, selaras, serta pantas dipakai untuk siapa saja. Dalam segi warna, batik priangan memakai warna yang cerah maka desain batik tampak agak force dan juga jelas.

Keindahan dari desain batik Tasikmalaya juga bisa diperhatikan dari hasil batik cap unik Tasikmalaya. Salah satu motifnya ialah berupa bunga serta lingkaran bunga yang dikasih warna sama warna magenta.

Kain Batik Jombang

Kain Batik Jombang

Ciri unik batik Jombang terdapat pada desain dan juga warnanya. Sama bermodalkan dengan kekayaan warisan agama dan juga budaya, jadi terbentuklah inspirasi untuk bikin batik yang mengkombinasikan kedua unsur inilah.

Motif batik Jombang berbentuk ukiran segitiga dengan lancip dibawah. Motif tersebut terinspirasi oleh sebuah succour dari Candi Arimbi. Batik Jombang meruapakan salah satu kebijakan lokal yang dikembangkan dan juga begitu didukung oleh masyarakatnya. Inilah yang mengakibatkan popularitas batik Jombang meningkat dikalangan lokal ataupun nasional.

Untuk informasi atau pemesanan bisa whatsapp di 0822 6565 2222 Pak Mudzakir.

Kain Batik Tulungagung

Kain Batik Tulungagung

Karakteristik khas batik Tulungagung tampak dari keindahan pada mengkombinasikan warna dan variasi desain. Pewarnaan desain batik Tulungagung dalam umumnya menggunakan aneka warna yang cerah dan berani.

Tulungagung mempunyai 3 macam batik menurut daerah pembatikannya, yakni batik bangoan, batik kalangbret, dan batik majanan.

Kain Batik Kediri

Kain Batik Kediri

Ciri-ciri khas batik Kediri merupakan motif batik gunmul yang yakni picture kabupaten Kediri yang mirip monumen L’Arch D’triomph di Perancis. Desain penting yang kerap muncul dalam desain batik Kediri adalah gambar burung garuda.

Terdapat diantara motif yang populer, antar lain motif garuda muka teratai mekar, garuda muka mukti, garuda muka ukel, dan juga garuda muka liris.

Untuk informasi atau pemesanan bisa whatsapp di 0822 6565 2222 Pak Mudzakir.

Kain Batik Kudus

Kain Batik Kudus

Ciri khas batik Kudus adalah corak dan motifnya agak condong ke batik pesisiran dan memiliki kesamaan dengan batik Pekalongan. Salah satu motif yang populer yaitu desain kapal kandas.

Kain Batik Jepara

Kain Batik Jepara

Jepara termasuk suatu daerah yang populer akan penghasil ukiran kayu. Akan tetapi Jepara pula mempunyai batik unik daerah inilah dan juga sudah diakui di Dunia Internasional.

Karakteristik khas batik Jepara yaitu motifnya yang khas seperti ukiran-ukiran dalam kayu. Disamping itu dalam segi pewarnaan, dalam lazimnya batik Jepara menggunakan warna gajah coklat, ulir hijau, lung hitam, serta diantara warna sebagainya.

Batik Jepara pula dinamakan sebagai Batik Kartini, lantaran motifnya disesuaikan sama desain yang diciptakan dari R.A Kartini. Beberapa desain batik Kartini yang populer merupakan desain srikaton, srigunung, parang gandosuli, serta bunga kantil.

Untuk informasi atau pemesanan bisa whatsapp di 0822 6565 2222 Pak Mudzakir.

Kain Batik Motif Batik Minangkabau

Kain Batik Motif Batik Minangkabau

Ciri khas batik Minangkabau yaitu motifnya agak sebagian besar mencerminkan motif-motif ukiran rumah adat Minang serta motif kain songket unik Minangkabau. Sejumlah desain yang terkenal yakni motif pucuk rebung, sicam, siku-suku baragi, dan kalauk paku.

Disamping tersebut desain batik Minangkabau pula terpengaruh dari budaya India, Portugis, China, Thailand, serta Melayu. Motif batik tradisional Minangkabau yakni desain kuda laut dan burung hong.

Kain Batik Jambi

Kain Batik Jambi

Karakteristik khas batik Jambi ialah desain utamanya yakni motif fauna dan flora. Disamping itu, batik Jambi juga mempunyai keunikan dari segi warna yang simpel dan juga mempunyai desain yang khas, yaitu bentuk desain yang tidak berangkai, kayak batang hari, duren pecah, bungo pauh, dan juga lain-lainnya.

Untuk informasi atau pemesanan bisa whatsapp di 0822 6565 2222 Pak Mudzakir.

Kain Batik Samarinda

Kain Batik Samarinda

Ciri unik batik Kota Samarinda yakni pewarnaannya menggunakan warna-warna cerah yang menonjol dan berani maka motif-motifnya terlihat tambah jelas dan juga mengagumkan. Desain batik Samarinda terinspirasi dari kebudayaan yang merekat di suku dan masyarakat Kaltim itu sendiri.

Daerah yang populer sama batik tulisnya merupakan suku dayak bahau yang bermukim di wilayah hulu sungai mahakam.

Kain Batik Balikpapan

Kain Batik Balikpapan

Ciri unik batik Balikpapan motifnya memakai motif tumbuhan-tumbuhan yang biasa di aplikasikan pada ukiran kayu suku-suku dayak.

kedepannya, Kota Balikpapan akan mengembangkan motif batik yang mengambil elemen jahe balikpapan, beruang madu, serta hutan mangrove yang merupakan picture Kota Balikpapan.

Untuk informasi atau pemesanan bisa whatsapp di 0822 6565 2222 Pak Mudzakir.

Kain Batik Banjarmasin

Kain Batik Banjarmasin
Batik Banjarmasin yang populer yakni batik sasirangan. Batik tersebut mempunyai diantara macam motif dan juga diberi nama sesuai sama corak atau gambarnya.

Diantara motif batik sasirangan ialah motif sasirangan gigi haruan, sasirangan kambang sakaki, sasirangan kambang kacang, sasirangan hiris gagatas, sasirangan daun jaruju, dan juga masih banyak lagi yang sebagainya.

Kain Batik Lamongan

Kain Batik Lamongan
Batik Lamongan juga biasa dinamakan dengan nama batik sendang. Perihal itu dikarenakan sentra batik di Kota Lamongan berada di desa sendang.

Batik sendang memiliki beberapa karakteristik yang begitu beda dengan batik di wilayah yang lain. Karakteristik khas batik Lamongan adalah memiliki goresan gambar yang sangat fact dan rumit.

Disamping itu, karakteristik unik yang dimiliki batik Lamongan merupakan motif burung slempang, gapuro tanjung kodok, paten, dan desain gendang ceplik bandeng lele dan juga seterusnya.

Untuk informasi atau pemesanan bisa whatsapp di 0822 6565 2222 Pak Mudzakir.

Kain Batik Tuban

Kain Batik Tuban
Batik gedog mempunyai beberapa motif khas. Di antaranya, motif lunglungan. Motif ini juga memadukan motif burung bongkolan. Selain itu, di batik gedog H.M. Sholeh 2 ini terdapat motif baru yakni motif cumi-cumi. Kemudian ada juga motif unyeng-unyeng. Motif ini berupa bulatan seperti yang ada di sela rambut. Untuk menampilkan kombinasi batik yang unik, biasanya motif ini juga dipadukan dengan motif lainnya. misalkan saja dengan motif gedang-gedangan. Motif ini merupakan salah satu motif khas dari Tuban.

Selain motif cumi-cumi, batik gedog H.M. Sholeh juga mempunyai motif baru lainnya yakni motif emprit. Motif ini menggambarkan sejumlah burung pipit yang banyak dijumpai di Kecamatan Kerek. Selain motif-motif tersebut, batik Gedog H.M. Sholeh juga mempunyai motif batik tulis lainnya.

Kain Batik Lumajang

Kain Batik Lumajang

Batik Lumajang mempunyai desain yang khas, yaitu desain pisang agung serta gunung semeru. Karakteristik unik batik Lumajang terus menggunakan aneka warna yang natural seperti warna yang asalnya dari tanaman manggis maupun pisang.

Batik Lumajang memiliki corak atau motif yang sangat banyak, namun lebih kebanyakan di motif flora seperti pohon pisang. Namun ada pula desain sebagainya layaknya motif burung penglor dan juga desain sulur.

Untuk informasi atau pemesanan bisa whatsapp di 0822 6565 2222 Pak Mudzakir.

Kain Batik Semarang

Kain Batik Semarang
Karakteristik unik batik Semarang ialah motif serta bentuknya sangatlah natural serta alami. Konsep motif batik semarang terlahir oleh ide kreatif pengrajinnya serta berelasi dengan kebudayaan Kota Samarang.

Desain yang kerap ditampilkan yaitu gambar rumah adat istiadat, musjid, tanaman, hewan, dan juga sejumlah ministration yang ada di Kota Metropolis.

Disamping inilah warna yang dihasilkan dalam desain batik Semarang menggabungkan kebudayaan yang asalnya dari China, Indonesia, dan juga Belanda.

Kain Batik Maluku

Kain Batik Maluku

Batik Maluku mempunyai ciri-ciri khas yaitu cengkeh, pala, parang, dan salawaku. Beberapa desain batik Maluku yang terkenal yakni desain cengkeh gugur, desain debur ombak, desain khas pulau seram, dan pula budaya maluku.

Batik Maluku pula mempunyai variasi warna yang terang, kalem, gelap, serta biru laut. Kain yang digunakan merupakan kain katun dan juga sutra.

Untuk informasi atau pemesanan bisa whatsapp di 0822 6565 2222 Pak Mudzakir.

Kain Batik Palembang

Kain Batik Palembang

Batik Palembang mempunyai desain yang tak kalah indahnya sama batik wilayah lainnya. Batik Palembang memiliki motif yang mengikuti syariat Islam, yakni tidak memakai gambar makhluk hidup menjadi hiasannya.

Sebagian besar desain batik Palembang yaitu motif lasem dan desain bunga teh. Pembuatan Batik di Palembang agak sedikit berbeda sama pembuatan batik misalnya di daerah lainnya.

Kalau di Jawa batik cukup disampirkan lalu dimulai dalam membatik, akan tetapi di Palembang kain batik harus dibentangkan terlebih dahulu sama kencang, kemudian dibatik.

Kain Batik Pasuruan

Kain Batik Pasuruan

Pasuruan mempunyai potensi alam yang amat indah. Jadi sebagian besar dijadikan menjadi inspirasi pada pembuatan motif batik khas Pasuruan. Desain batik Pasuruan yang populer yakni motif kembang sirih serta burung kepodangnya.

Desain ini dijadikan sebagai painting wilayah Pasuruan serta dijadikan sebagai seragam wajib seluruh siswa sekolah dasar yang terdapat di daerah Pasuruan.

Untuk informasi atau pemesanan bisa whatsapp di 0822 6565 2222 Pak Mudzakir.

Kain Batik Papua

Kain Batik Papua

Ciri-ciri unik papua yakni gabungan warna yang cerah dengan desain etnik Island yang asimetris. Kombinasi tersebut bikin batik Island tampak tambah eksotis. Sebagian besar desain batik Island menampilkan elemen alam dan budaya orang Papua..

Desain hewan yang biasa dipakai ialah burung cendrawasih, cicak, kadal, serta buaya. Dalam biasanya motif-motif yang sifatnya natural ditambah dengan warna-warna yang cukup bermacam bikin batik Papua bertambah khas dan mempesona.

Kain Batik Rembang

Kain Batik Rembang
Yang unik dari batik Lasem Rembang adalah warnanya. Batik Lasem khas dengan warna merah. Ini karena, adanya pengaruh dari Cina. Seperti diketahui, Lasem merupakan daerah pesisir. Di mana banyak para pedagang dari luar Indonesia yang datang. Mereka kebanyakan berdagang. Dan salah satu pedagang yang banyak adalah dari Cina.

Mereka tidak hanya berdagang, tetapi juga banyak yang menetap. Karena menetap, banyak warga Cina yang berjodoh dengan warga pribumi. Dari perpaduan inilah muncul akulturasi budaya. Antara budaya Cina dan lokal. Dan salah satu pengaruh dari akulturasi ini adalah batik. Selain warnanya, motif batik Lasem identik dengan Cina. Beberapa motif yang khas adalah burung hong atau lebih dikenal dengan phonix. Selain motif phonix ada banyak motif lainnya. dan kebanyakan adalah motif flora.

Warna merah dari Lasem memang menjadi andalan. Karena memiliki warna merah yang unik, banyak perajin batik memilih Lasem untuk mewarnai batik. Dan satu yang paling fenomenal adalah batik tiga negeri. Kenapa disebut dengan batik tiga negeri?. Karena proses pewarnaannya dilakukan di tiga kota. Untuk warna merah dilakukan di Lasem. Warna Sogan dilakukan di Solo. Dan warna biru dilakukan Pekalongan. Pewarnaan sudah dilakukan sejak lama. Dan sampai sekarang pun batik ini masih banyak dicari.

Untuk informasi atau pesan kain batik rembang bisa whatsapp ke 0822 6565 2222 , terimakasih.

Kain Batik Madiun

Kain Batik Madiun
Motif-motif yang dihadirkan adalah gambaran kondisi Kota Madiun. Melalui keahlian para perajin, alam dijadikan sebagai inspirasi untuk membuat motif. Beberapa motif khas dari Madiun adalah kenongo. Motif ini berupa bunga kenang. Yang mempunyai makna wangi atau harum. Motif kenongo menjadi salah satu motif yang ikonik dari Kota Madiun. Tetapi, untuk saat ini motif ini sudah sangat jarang ditemui. Ini karena perajin yang mampu membuat motif ini hanya tinggal segelintir perajin saja. Dan tidak ada regenerasi untuk meneruskan membuat motif ini.

Selain motif kenongo, motif khas dari Madiun yang lainnya adalah keris. Keris ini merupakan gambaran sejarah dari Madiun di zaman Mataram. Kemudian ada juga motif porang. Motif ini menggambarkan mata pencaharian warganya dalam bercocok tanam. Dan porang adalah salah satu tumbuhan yang ada di Madiun.

Madiun masih mempunyai beberapa motif khas lainnya. Seperti, motif beras kutah atau dalam bahasa Indonesia diartikan beras tumpah. Motif ini menjadi gambaran kondisi ekonomi Kota Madiun. Bahwa Madiun pernah menjadi salah satu lumbung pangan Provinsi Jawa Timur yang ada di sebelah barat. Kemudian ada juga motif daun jati. Sama halnya dengan motif yang lainnya, motif ini juga menggambarkan kondisi alam di Madiun. Di mana banyak hutan jati.

Kain Batik Magetan

Kain Batik Magetan

Magetan yakni salah satu kota yang populer dengan sentra kerajinannya. Magetan mempunyai potensi agar membuat batik sebagai ciri khas kabupaten tersebut. Batik Magetan lazimnya dinamakan dengan nama batik sidomukti atau batik pring.

Selain desain tersebut, terdapat sebagian motif batik lain yang diproduksi di Magetan. Diantaranya yakni desain pring temu wine, parang rusak, cucak rowo, dan juga lain-lainnya.
Untuk informasi atau pemesanan bisa whatsapp di 0822 6565 2222 Pak Mudzakir.

Kain Batik Ponorogo

Kain Batik Ponorogo

Ciri-ciri khas batik Ponorogo ialah memiliki desain merak dan reognya. Batik Ponorogo terbagi atas 2 macam, diantaranya batik klasik dan juga batik kontemporer.

Batik klasik terdapat warna yang mencolok gelap dengan adanya desain tumbuh-tumbuhan dan hewan. Motif-motif tersebut di antaranya ireng reog, sekar jagad, klitik, dan juga seterusnya.

Kain Batik Pontianak

Kain Batik Pontianak

Ciri khas batik Pontianak merupakan motif dan coraknya terpengaruh oleh suku Melayu. Motif yang kerap kita jumpai ialah motif pola bunga serta arwana. Selain itu, bagi pewarnaan menggunakan aneka warna yang cerah medium terlihat meriah.

Diantara corak batik yang kerap digunakan yaitu motif awan berarak, dayak, tidayu dan seterusnya.

Untuk informasi atau pemesanan bisa whatsapp di 0822 6565 2222 Pak Mudzakir.

Kain Batik Palangkaraya

Kain Batik Palangkaraya

Ciri khas batik Palangkaraya adalah motifnya menggambarkan suku asli wilayah tersebut, yaitu suku dayak. Batik Palangkaraya biasa dinamakan dengan nama batik benang bintik. Motif batik ini terpengaruh oleh kepercayaan suku dayak yang dinamakan Kaharingan.

Kain Batik Gresik

Kain Batik Gresik
Ciri ciri khas batik Gresik adalah memiliki filosofi yang mencerminkan ciri-ciri unik Kota Gresik. Salah satu desain batik yang terkenal merupakan motif loh bandeng. desain loh bandeng merupakan ikan unik dari Gresik.

Demikian tentang kain batik motif di seluruh nusuntara. Anda bisa memesan kepada kami Batikdlidir dengan whatsapp di 0822 6565 2222 Pak Mudzakir.