Fungsi Kain Batik Solo dari Jaman ke Jaman

Fungsi kain batik Solo dari jaman ke jaman. Kain batik merupakan salah satu wastra nusantara yang terus lestari seiring perkembangan zaman. Para perancang busana asal Indonesia mendukung kehadiran batik dengan merilis sejumlah koleksi yang mengombinasikan nuansa kuno dan modern. Alhasil, terciptalah pilihan busana batik nan mengagumkan yang bisa Anda pilih untuk dikenakan dalam keseharian atau acara formal.

Berikut merupakan koleksi batik tulis yang ada di Batikdlidir.
batik tulis solo motif pring pringan

Fungsi Kain Batik Jaman Dulu

Dahulu kain batik merupakan busana kebesaran keluarga kerajaan, tak ada yang boleh mengenakan kain batik selain raja dan keturunan raja. Dan juga karena zaman dulu bahan-bahan yang digunakan dalam membuat batik tulis menggunakan bahan pewarna alami, kainnya pun dipilih yang berkualitas menjadikan kain batik tulis sangat mahal harganya. Itulah kenapa dahulu masyarakat yang tingkat ekonominya rendah susah menjangkau untuk membeli kain batik. Rakyat biasa yang tidak bisa membeli kain batik biasanya memakai kain lurik dalam kesehariannya. Oleh keluarga kerajaan biasanya batik dipakai sehari-hari dan dipakai dalam upacara kelahiran, perkawinan sampai kematian, yang biasanya dipakai dalam bentuk kain panjang, sarung, dodot, selendang, kemben sampai ikat kepala.

Batik memiliki fungsi untuk melestarikan peninggalan nenek moyang dan juga kesenian budaya bangsa. Di lingkungan kita, terutama yang tinggal di Pekalongan, hampir setiap hari menemukan batik. Batik yang kita temukan di lingkungan kita itu disebut batik profan. Batik profan, yaitu batik yang berfungsi sebagai benda pakai yang digunakan untuk keperluan sehari-hari.

Fungsi Kain Batik Sebagai Pakaian

Fungsi praktis dari batik sebagai pakaian untuk menutup badan. Sedangkan fungsi estetis adalah sebagai hiasan dan status sosial. Misalnya menggunakan kain batik untuk baju, sarung, bawahan kebaya atau selendang. Selain fungsi praktis ini, batik juga memiliki fungsi estetis yaitu sebagai hiasan dan simbol sosial.

Dari turun-temurun juga sudah diajarkan agar wanita menjaga kehormatan diri dengan mengenakan kain panjang. Karena dulu wanita tidak boleh memperlihatkan betisnya oleh karena itu mereka menutupi kaki dengan kain batik panjang.

Wanita yang dihormati pada zaman dulu adalah mereka yang bisa menjaga diri godaan pria dengan cara menutupi betis menggunakan kain batik panjang yang dililitkan hingga dua kali agar rapat sempurna. Namun, seiring perkembangan zaman, pilihan busana sopan untuk wanita semakin variatif dan inovatif, salah satunya rok panjang. Kemudian, terciptalah sejumlah kain batik yang diproduksi menjadi rok untuk melindungi kaki wanita di ruang publik. Saat ini fungsi kain batik sudah lebih berkembang, bisa di pakai seluruh kalangan masyarakat untuk kepenting acara formal maupun keseharian biasa seperti kaos batik.

Seragam Batik Khas Solo

Seragam batik khas Solo merupakan seragam batik yang dibuat oleh pengrajin di Solo. Terdapat banyak model dan bahan untuk pembuatan seragam batik atau baju batik. Untuk batik cap harga dimulai dari Rp 25.000,00 permeter untuk minimal order 100 meter. Kain batik tulis asli dimulai dari Rp 800.000,00 per potong, tanpa minimal pembelian. Untuk kain tulis kombinasi harga Rp 60.000,00 per meter untuk minimal order 20 potong atau 50 meter.

Segera hubungi Mudzakir di +62822 6565 2222 untuk mendapatkan informasi mengenai seragam batik dan kain batik. Untuk ongkos jahit harga mulai dari Rp 25.000,00 hingga Rp 65.000,00 per potong.

In English : Batik fabric quilting

1 thought on “Fungsi Kain Batik Solo dari Jaman ke Jaman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *