Kain Batik Merupakan Contoh Seni Rupa

Batik Indonesia, yang secara keseluruhan meliputi teknik atau metoda, termasuk teknologikanya, serta pengembangan motif atau corak yang memperkaya budaya beserta nilai yang terkait didalamnya, telah ditetapkan oleh UNESCO sebagai Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity sejak 2 Oktober, 2009.

Kata ‘batik’ beasal dari gabungan dua kata bahasa Jawa yaitu ‘amba’, yang memiliki arti ‘menulis’ dan kata ‘titik’ yang artinya ‘titik’. Jadi gampangnya, batik adalah membuat titik pada sebagian kain dengan cara menuliskan atau menggambarkan objek berupa titik.

Batik merupakan bagian dari seni dan budaya yang secara khusus dimiliki oleh bangsa Indonesia. Secara khusus Batik mengacu pada metoda pewarnaan kain dengan menggunakan malam atau lilin untuk mencegah terjadinya pewarnaan pada bagian kain tertentu. Teknik ini dikenal sebagai wax-resist dyeing. Batik juga mengacu kepada busana atau kain yang dibuat dengan metoda penutupan sebagian kain dengan lilin untuk mendapatkan corak atau motif tertentu.

kain batik merupakan contoh seni rupa

Batik dalam kesehariannya lebih banyak digunakan sebagai busana yang memberikan pesona yang akrab dengan nuansa tradisi local. Pesona yang dimilikinya telah membuat Busana dengan dasar atau motif batik ini dapat digunakan dalam setiap kesempatan, baik resmi, formal, atau religious ataupun kantoran. Bahkan sebagai seragam sekolah sekalipun. Setidaknya batik dapat menjadi pilihan untuk kegiatan atau acara apapun yang akan dilakukan, tanpa harus merasa salah berbusana atau malbusana.

Kain Batik Khas Solo Asli untuk Partai Besar

Tentu anda pernah mendapati pengggunaan kain batik sebagai seragam. Baik seragam sekolah, seragam karyawan, hingga seragam arisan ibu-ibu di kampung. Jangan segan memakai batik sebagai seragam walaupun banyak yang sudah memakainya. Karena memakai batik merupakan bentuk cinta kita pada budaya kita sendiri. Kami memiliki solusi untuk anda yang menginginkan seragam premium dengan batik asli.

Batik plangkan malam sangat cocok digunakan untuk seragam kelas premium. Proses pembuatannya menggunakan malam dingin dan plangkan. Batik plangkan malam termasuk batik asli karena masih menggunakan malam untuk mengikat warna. Batik plangkan malam bisa dikombinasikan dengan metode tulis, tolet, dsb. Untuk batik plangkan malam harga mulai dari Rp 60.000,00 per meter dengan minimal order 100 meter.

Pesan Batik Asli Khas Solo di Batik Dlidir

Anda bisa memesan kain batik asli khas solo di batik dlidir. Kami bisa melayani pemesanan batik dengan berbagai teknik, seperti batik tulis, batik cap, batik plangkan malam, hingga batik print. Kami menyediakan jasa desain batik yang sesuai keinginan anda secara gratis. Jadi anda bisa memilih motif batik yang anda sukai untuk dijadikan seragam. Selain itu anda juga bisa memilih jenis kain sesuai kebutuhan anda.

Jadikan batik seragam anda dengan personal touch pilih sendiri desain, warna, jenis kain, hingga tehnik untuk membuatna. Kami sarankan jangan menunggu untuk memesan batik di Batik Dlidir, pesan segera sebelum ada antrian produksi. Anda bisa menghubungi Pak Mudzakir di +62 822 6565 2222 . Atau anda bisa mendatangi galeri kami di kota Solo.

batik fabric quilts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *