Kain batik tulis, cap dan printing yang ada di solo

Kain Batik merupakan kain yang memiliki gambar atau motif. Pembuatannya dengan menuliskan “malam” pada kain itu. Sedangkan Malam sendiri memiliki sifat seperti lilin.

Sehingga ada dua elemen penting dalam dunia perbatikan. Pertama malam dan yang kedua ialah gambar motif. Kedua elemen tersebut yang mengilhami arti kata mba dan tik ( menggambar dan kecil ).

Sedangkan Arti batik dalam Kamus Umum Bahasa Indonesia ialah kain dan sebagainya yang bergambar (bercorak beragi) yang pembuatannya dengan cara titik (mula-mula ditulisi atau ditera dengan lilin lalu diwarnakan dengan tarum dan soga) (WJS Poerwadarminta,1976:96).

Kami sendiri menamai produk kualitas kami dengan Batikdlidir. Apa itu dlidir?, dalam bahasa jawa memiliki arti mengalir. Jadi penamaan dlidir memiliki maksud supaya produk kami bisa laku seperti air yang mengalir deras. Penamaan sekaligus do’a, begitulah orang solo dalam memberi nama. Bukan sekedar nama, namun memiliki karakter kuat untuk kemajuan jangka panjangnya.

Seiring berjalannya waktu, untuk kami batik memiliki arti yang sangat luas. Saat ini batik dalam keseharian ialah sebuah karya seni yang memanifestasikan budaya. Tidak berhenti disitu, tapi juga bisa memberi manfaat kepada khalayak umum ( dlidir ). Batik bisa diartikan seni tingkat tinggi sebuah peradapan warga solo dan sekitarnya.

Bagi Kami membatik tidak sekedar menggambar pada kain. Begitu pula hanya memberi motif lalu menjual hasilnya. Namun sebuah rangkaian yang komperehensif. Rangkaian tentang segala fikiran, tenaga dan sejarah panjang. Semua proses yang tersinergikan dalam menghasilkan sebuah karya. Sehingga seluruh lapisan masyarakat bisa menikmatinya.

Kami menjual batik dalam tiga kategori. Kategori ini berdasarkan tehnik pembuatannya. Berikut penjelasannya :

1. Batik tulis. Dibuat menggunakan tehnik tulis atau canting. Biasanya diperuntukkan bagi acara special. Untuk detailnya bisa dilihat pada Jual batik tulis.

2. Batik cap. Diproses menggunakan tehnik stamp atau cap. Tehnik ini memiliki warna yang solid. Atau bisanya orang mengenal ini dengan cara tie dye. Anda bisa klik di Batik murah cap.

3. Batik Handprint. Tehnik ini menggunakan media screen. Pembuatan Seragam dan sarung biasanya memakai metode ini. Detailnya pada tabs Grosir batik printing.

Untuk pemesanan bisa whatsapp ke 0822 6565 2222 : Pak Mudzakir.

Kain batik Handprint untuk seragam

Grosir kain batik Handprint untuk seragam sekolah, kantor ataupun kelompok. Sebelum masuk pada batiknya, terlebih dahulu tentang kainnya. Ada dua jenis kain yang biasa jadi patokan warga solo dan sekitarnya. Namanya kain primissima dan prima, yang keduanya merupakan berbahan kain katun. Melihat dan belajar dari pengalaman, sesungguhnya kedua model kain tersebut hanya beda dari konstruksinya.

Konstruksi kain ialah bagian yang menyusun atau susunan benang vertikal dan horisontal. Untuk primissima biasa menggunakan konstruksi 133 x 72, sedangkan prima menggunakan konstruksi 90 x 70 disetiap kainnya. Anda bisa memilih sesuai dengan selera dan kualitas pemakaian.

Kami membuat penawaran kedua kain tersebut dengan dua harga pula. Selain kain sesuai pilihan, motif batik pun Anda bisa memilihnya. Berikut harga yang kami tawarkan.

1. Kain batik prima permeter dengan motif sesuai pesanan Rp 20.000,- konstruksi 90 x 70.
2. Kain batik primissima plus motif keinginan Anda Rp 25.000,- permeter konstruksi 133 x 72.

Jadi kedua batik diatas dikirim kelokasi atau rumah Anda dalam keadaan kain yang sudah ada motif batik. Untuk seragam, minimal pemesanan 500 meter. Sedangkan pemesanan diatas 1000 meter ada diskon menarik untuk Anda.

Untuk pemesanan atau informasi bisa sms atau whatsapp ke :

0822 6565 2222 Pak Mudzakir.
Layanan pemesanan 24 jam untuk seragam batik kerja, dinas, dharma wanita, sekolah maupun keluarga.

Kami menyarankan menggunakan whatsapp untuk mempermudah dalam koordinasi. Baik gambar motif batik maupun pengiriman kelokasi Anda.

Kain batik Handprint untuk Baju seragam

Grosir kain batik Handprint untuk Baju seragam kualitas terbaik. Untuk sementara ini untuk pembuatan baju seragam kami hanya menggunakan bahan berkualitas tinggi yakni kain primissima. Selain menghasilkan baju berkelas, motif batik pun bisa lebih tahan lama.

Bisa melayani pembuatan baju seragam sekolah, kantor ataupun instansi. Sehingga dikirim kerumah atau tempat Anda berupa baju siap pakai. Dan dengan motif batik sesuai orderan Anda tentunya.

Berikut rincian yang kami tawarkan kepada Anda.

1. Bahan kain primissima.
2. Pembuatan batik dengan handprint.
3. Harga total perbaju untuk seragam Rp 60.000 perbaju siap pakai.
4. Lama pengerjaan untuk 300 hingga 1000 baju memakan waktu 2 bulan.
5. Untuk menjalin kerjasama yang bagus, kami mengenakan DP 50% dari total biaya keseluruhan.

Sebagai pengingat saja, bahwa kualitas baju harga dari perusahaan kami. Sehingga dengan sekuat tenaga batik dlidir memberikan yang terbaik untuk Anda. Karena kami yakin, kerjasama yang baik terjalin dengan ‘kesungguhan’ antara kedua belah pihak.

Grosir Kain batik solo printing

Grosir memiliki makna Secara umum, artinya penjualan barang kepada siapa saja dalam jumlah yang relatif besar. Untuk teknisnya, kami memesan batik berkualitas di pabrik kemudian menjualnya. Sehingga harga dan kualitas bisa dikatakan yang terbaik.

Kain batik solo printing sudah dengan mesin pabrik. Pada dasarnya, batik printing bukan merupakan seni dari perbatikan Indonesia. Namun sekedar kain yang diberi motif batik. Mungkin dengan tujuan yang baik, yakni memasarkan produk batik lewat harga yang terjangkau. Sehingga dalam keseharian bisa dipakai oleh semua kalangan masyarakat di dunia.

Walaupun demikian, kadang printing bisa menghasilkan tampilan yang istimewa. Tidak jarang ada yang menjual motif printing dengan hanga yang tinggi. Dengan kualitas bahan kain yang berkualitas tentunya. Sangat nyaman saat digunakan, entah untuk kemeja, baju, jarik, syal ataupun bawahan.

Disolo dan sekitarnya berdiri banyak pabrik batik printing. Ini tak lepas dari andil masyarakat solo dalam memasarkan produknya. Membuka lapangan pekerjaan bagi warga dan penduduk setempat. Memunculkan motif – motif kreatif hasil masyarakat sekitar. Sehingga monopoli perusahaan ( pabrik ) besar bisa terhindarkan dengan keunikan – keunikan tersendiri.

Berikut motif yang kami jual kepada masyarakat Indonesia maupun dunia internasional :

Kain batik solo printing pertama

Kain batik solo printing

CODE: BP1
Harga: Rp 68.000,-
Bahan : Katun Prima
Jenis: Batik printing halus
Ukuran :200x110cm [P x L].

Status: Masih Ada lima potong.
Ketebalan kain : 40 s.
Dibuat / Made in : solo, Indonesia.
Pengiriman : JNE, TIKI, atau Wahana semuanya bisa. Ini tergantung permintaan Anda, mau menggunakan yang cepat atau biasa ( reguler ).

Harga Rp 68.000,- perpotong terbilang harga yang murah. Mengingat kualitas bahan kain berupa katun grid pertama. Lebih bagus untuk ukuran kain standart, dengan motif batik istimewa.

Untuk produk lainnya tentang kain batik printing harga grosir bisa lihat di grosir batik printing dengan harga murah.

Kain batik cap solo

Kain batik solo yang pembuatannya menggunakan cetakan atau cap. Pembuatanya, Kain mori diletakkan di atas meja datar yang telah dilapisi dengan bahan yang empuk. Malam direbus hingga mencair dan dijaga agar suhu cairan malam ini tetap dalam kondiri 60° s/d 70° Celcius. Selanjutnya, Canting Cap lalu dimasukkan kedalam cairan malam tadi (kurang lebih 2 cm bagian bawah canting cap yang tercelup cairan malam).

Canting Cap kemudian di-cap-kan (di-stempel-kan) dengan tekanan yang cukup di atas kain mori yang telah disiapkan tadi. Cairan malam akan meresap ke dalam pori-pori kain mori hingga tembus ke sisi lain permukaan kain mori. Setelah proses pengecapan pada kain selesai dengan berbagai kombinasi canting cap yang digunakan, selanjutnya kain mori akan dilakukan proses pewarnaan, dengan cara mencelupkan kain mori ini ke dalam tangki yang berisi warna yang sudah dipilih.

Kain mori yang permukaannya telah diresapi oleh cairan malam, tidak akan terkena dalam proses pewarnaan ini. Setelah proses pewarnaan, proses berikutnya adalah penghilangan berkas motif cairan malam melalui proses merebus kain. Sehingga akan nampak 2 warna, yaitu warna dasar asli kain mori yang tadi tertutup malam, dan warna setelah proses pewarnaan tadi.

Oleh karena proses pewarnaan yang berulang-ulang dan menyeluruh pada setiap pori-pori kain mori, maka warna pada batik cap cenderung lebih awet dan tahan lama dibandingkan dengan batik yang lain.
Proses terakhir dari pembuatan batik cap adalah proses pembersihan dan pencerahan warna dengan soda. Selanjutnya dikeringkan dan disetrika.

Berikut salah satu kain batik cap yang kami jual :

Kain batik cap solo pertama

Kain batik cap solo

CODE: BC1
Harga: Rp 180.000,-
Bahan : Katun Prima
Jenis: Batik cap keluaran pelangi
Ukuran :240x110cm [P x L].

Status: Masih Ada lima potong.
Ketebalan kain : 30 s.
Dibuat / Made in : solo, Indonesia.

Batik solo sendiri terkenal dengan corak tradisional nya, baik dalam proses cap maupun proses tulisnya. Bahan bahanya sendiri asih menggunakan bahan lokal, seperti bahan untuk pewarnaan batik menggunakan bahan dari Soga jawa, sedangkan pola batik solo yang terkenal di indonesia adalah pola Sidomukti dan pola Sidoluruh.

Diatas merupakan koleksi batik cap yang dibuat warga laweyan solo. Tepatnya milik batik pelangi berada di daerah kampung mutihan, laweyan solo. Yang kami seleksi berdasarkan kualitas ekspor, dan tentunya dengan bahan kain yang sudah teruji.

Pengiriman : Gratis ongkos kirim ke seluruh Indonesia. Menggunakan jasa paketan JNE Regular, sehingga sampai di lokasi Anda berkisar 3 – 5 hari.

Untuk lebih detailnya bisa klik batik murah cap asli solo.

Jual Kain batik tulis berkualitas

Kain batik tulis berkualitas,Sebuah warisan kesenian budaya orang Indonesia. Khususnya daerah Jawa yang dikuasai orang Jawa dari turun temurun. Batik Jawa mempunyai motif-motif yang berbeda-beda. Perbedaan motif ini biasa terjadi dikarnakan motif-motif itu mempunyai makna, maksudnya bukan hanya sebuah gambar akan tetapi mengandung makna yang mereka dapat dari leluhur mereka, yaitu penganut agama animisme, dinamisme atau Hindu dan Buddha. Batik jawa banyak berkembang di daerah Solo atau yang biasa disebut dengan batik Solo.

Motif batik dibentuk dengan cairan lilin dengan menggunakan alat yang dinamakan canting untuk motif halus. Atau kuas untuk motif berukuran besar, sehingga cairan lilin meresap ke dalam serat kain. Kain yang telah dilukis dengan lilin kemudian dicelup dengan warna yang diinginkan, biasanya dimulai dari warna-warna muda. Pencelupan kemudian dilakukan untuk motif lain dengan warna lebih tua atau gelap. Setelah beberapa kali proses pewarnaan, kain yang telah dibatik dicelupkan ke dalam bahan kimia untuk melarutkan lilin.

Kami menjual batik tulis dengan harga yang sesuai. Yang dimaksud dengan sesuai ialah antara karya seni, waktu yang dikeluarkan serta tenaga untuk membuatnya. Kesemuanya berbanding lurus dengan harga yang dibanderol untuk setiap potongnya. Berikut satu contoh batik tulis asli tangan warga solo dan sekitarnya.

Jual Kain batik tulis pertama

Kain batik tulis, cap dan printing yang ada di solo

CODE: BT1
Bahan : Katun Primissima. Kain primissima adalah kain katun dengan bahan yang lebih halus dibanding yang lainnya.
Jenis: Batik Jarik asli tulis brotoseno.
Ukuran :240x110cm [P x L].
Harga: Rp 600.000,-
Status: Masih Ada satu potong.
Ketebalan kain : 30 s.
Dibuat / Made in : solo, Indonesia.
Pengiriman : Gratis ongkos kirim ke seluruh Indonesia. Menggunakan jasa paketan JNE Regular, sehingga sampai di lokasi Anda berkisar 3 – 5 hari.

Cara beli batik tulis : Sms atau whatsapp ke nomor 0822 6565 2222 dengan mengetik nama, kode dan jumlah kain batik, alamat lengkap.
Berikut contohnya : Mudzakir, BT1 (1), Jalan kolonel sugiyono nomor 67, solo, jawa tengah, Indonesia.
Transfer ke rekening bank BCA 0153136243 atas nama Soleh. Nama tersebut merupakan nama kakak kandung saya, karena usaha ini berdiri bersama UD Soleh. Cukup transfer sesuai yang tertera dalam kode kain batik, tanpa tambahan biaya kirim. Selanjutnya Konfirmasi kepada kami, bisa berupa sms atau via whatsapp ( WA ). Terakhir , dengan segera kami kirim pesanan kain batik Anda.

Untuk melihat produk kami bisa di klik pada Jual batik tulis berkualitas

Untuk beli bisa sms atau whatsapp ke 0822 6565 2222 Pak Mudzakir ketik :

– Nama
– Kode kain batik
– Alamat pengiriman

Gratis ongkos kirim ( free ongkir ) ke seluruh kota di Indonesia. Ini kami lakukan untuk memasyarakatkan budaya memakai batik. Sebuah usaha yang bisa kami ambil secara nyata untuk kemajuan bangsa.

Sedangkan Untuk pengiriman ke seluruh dunia, gratis ongkos kirim minimal 10 item. Pembelian di bawah 10 item dikenakan biaya pengiriman sesuai dengan harga yang dibanderol jasa pengiriman Internasional.

Peta lokasi kain batik mudzakir.com :

Perkembangan kain batik

Kain batik yang diidentikkan sebagai kain Nusantara, Saat ini berkembang menjadi industri modern. Konsekuensi dari masuknya batik ke dalam industri modern, batik dituntut mengikuti perkembangan zaman. Sehingga wajib menyesuaikan perkembangan mode dan dengan tuntutan pasar. Perkembangan batik yang mengikuti perkembangan zaman dari tahun ke tahun akhirnya menunjukkan dinamika beragam.

Batik sebagai produk seni adiluhung, awalnya kelahirannya banyak diwarnai simbol-simbol keraton. Penggunaannya pun seperti masih terbatas didominasi oleh kalangan keraton. Tapi akibat pergeseran waktu, batik pun kemudian menjadi komoditas yang diperdagangkan secara luas. Dewasa ini, penggunaan batik sudah mulai memasyarakat. Batik juga sudah mulai digunakan tidak hanya dalam upacara adat, namun juga dalam keseharian. Mulai bermunculan baju-baju yang bermotif batik berkualitas. Hingga saat ini banyak sekali tempat khusus yang menjual batik ini. Mulai dari batik yang benar-benar sakral dan murni, hingga batik modifikasi yang diaplikasikan dalam pakaian sehari-hari.

Dalam perkembangannya, upaya membuat kain Nusantara bisa memenuhi kebutuhan masa kini mengambil beragam bentuk. Bukan hanya ragam hias yang disesuaikan kebutuhan saat ini atau benang kapas diganti sutra untuk mendapatkan kain yang lebih ringan dan lebih mudah disesuaikan untuk berbagai keperluan, melainkan juga cara kain tersebut digunakan, terutama ketika kain tersebut ditujukan untuk busana.

Saat ini batik telah menjadi tren baru di tengah masyarakat. Tak hanya sandang yang menggunakan kain batik sebagai bahannya. Sarung bantal, gordyn, dan seprei pun telah ada yang menggunakan kain batik. Ini adalah awal mula yang baik bagi pelestarian seni batik. Awalnya harus mencintai dahulu, kemudian muncul rasa andarbeni (memiliki) dan akhirnya nguri-uri (melestarikan).

Tehnik kain batik di solo

Yang dimaksud dengan teknik membuat batik adalah proses proses pekerjaan dari tahap persiapan kain sampai menjadi kain batik. Pekerjaan persiapan meliputi segala pekerjaan pada kain mori hingga siap dibuat batik. Langkah – langkah tahapannya seperti nggirah/ngetel (mencuci), nganji(menganji), ngemplong(seterika, kalendering. Sedangkan proses membuat batik meliputi pekerjaan pembuatan batik yang sebenarnya terdiri dari pelekatan lilin batik pada kain untuk membuat motif, pewarnaan batik (celup, colet, lukis/painting, printing), yang terakhir adalah penghilangan lilin dari kain . (Sewan Soesanto, 1974).

Untuk membuat motif batik dapat dilakukan dengan cara secara tulis tangan dengan canting tulis (batik tulis). Menggunakan cap dari tembaga disebut batik cap. Dan dengan jalan dibuat motif pada mesin printing (batik printing).

Kain batik adalah kain yang motifnya bercorak batik yang dibuat/digambar dengan cara pelekatan lilin (malam). Sedangkan kain bermotif batik adalah kain yang bermotif/bercorak batik. Akan tetapi motifnya tidak digambar melalui pelekatan lilin batik, biasanya dengan mesin printing tekstil.

Teknologi pembuatan batik di Indonesia umumnya, di solo khususnya pada prinsipnya berdasarkan “Resist Dyes Technique” (Teknik celup rintang) dimana pembuatannya semula dikerjakan dengan cara ikat-celup motif yang sangat sederhana, kemudian menggunakan zat perintang warna. Pada mulanya sebagai zat perintang digunakan bubur ketan, kemudian diketemukan zat perintang dari malam(lilin) dan digunakan sampai sekarang.

Motif kain batik

Motif batik merupakan struktur penyusun gambar yang mewujudkan batik secara keseluruhan. Motif batik terdiri dari dua bagian, yaitu ornamen motif batik dan isen motif batik. Ornamen motif batik disusun atas ornamen utama dan ornamen pengisi bidang.

Sedangkan, Isen motif batik berupa titik-titik, garis-garis, gabungan titik dan garis. Dengan fungsi utama untuk mengisi ornamen-ornamen dari motif atau pengisi bidang diantara ornamen-ornamen tersebut. Isen motif ada bermacam-macam dan sekarang masih berkembang, seperti: cecek, cecek pitu, sisik melik, cecek sawut, cecek sawu daun, sisik gringsing, galaran, rambutan, sirapan, cacah gori, dan sebagainya.

Pengelompokkan motif kain batik

Ada dua penggolongan motif kain batik, Geometris dan non geometris. Motif Geometris adalah motif batik yang ornament-ornamennya merupakan susunan geometris. Ciri ragam hias geometris ini adalah motif tersebut mudah dibagi-bagi menjadi bagian-bagian yang disebut satu “raport”. Biasanya digunakan masyarakat solo untuk membuat batik solo jenis cap.

Motif non geometris adalah motif-motif batik yang tidak geometris. Termasuk dalam motif ini adalah motis Semen, Buketan, Terang Bulan. Motif-motif golongan non geometris tersusun dari ornament-ornamen tumbuhan, Meru, Pohon Hayat, Candi, Binatang, Burung, Garuda, Ular (Naga) dalam susunan tidak teratur menurut bidang geometris meskipun dalam bidang luas akan terjadi berulang kembali susunan motif tersebut. Biasanya jenis motif ini digunakan dalam pembuatan batik tulis asli solo.

Makna kain batik yang lebih dalam dari solo

Ada dua kota yang memiliki kekuatan makna dalam menghasilkan batik. Kota tersebut ialah solo dan yogyakarta, yang pertama kali berpusat di keraton. Berikut kami tampilkan beberapa makna motif kain batik.

Ragam hias larangan dan dianggap sakral. Yang dulu hanya dikenakan raja dan keluarganya yaitu parang rusak barong, sawat dan kawung. Ini merupakan motif andalan warga solo dan sekitarnya.

Sidomukti, dipakai pengantin. Sido berarti terus menerus dan mukti berarti hidup berkecukupan. Yang akhir – akhir ini banyak digunakan sebagai kain seragam.

Truntum, dipakai orang tua pengantin. Truntum berarti menuntun, maknanya orang tua menuntun mempelai memasuki hidup baru. Biasanya dalam bentuk sarimbit atau berpasangan antara kedua orang tua.

Satria Manah, dipakai wali pengantin pria ketika meminang. Dengan harapan semoga lamaran sang pria dapat diterima dengan baik oleh pihak wanita. Sebuah makna cerdas yang menjadi kebiasaan wong solo.

Semen Rante, dipakai wali pengantin wanita ketika menerima lamaran. Rantai melambangkan ikatan yang kokoh. Dengan harapan jika lamaran telah diterima, pihak wanita menginginkan hubungan erat dan kokoh yang tidak lepas lagi.

Makna kain batik Jogja

Ragam hias Grompol, dikenakan pada upacara perkawinan. Grompol berarti berkumpul atau bersatu, merupakan pengharapan berkumpulnya segala sesuatu yang baik-baik seperti rejeki, kebahagiaan, keturunan dan hidup rukun.

Tambal digunakan untuk selimut orang sakit. Tambal diambil dari pengertian menambal, yaitu berarti menambah atau memperbaiki sesuatu yang kurang sehingga kemudian dianggap dapat menyehatkan yang sakit.

Ceplok Kasatriyan, dipakai sebagai kain untuk upacara kirab pengantin. Batik ini digunakan oleh golongan menengah warga Jogja. Pemakainya agar terlihat gagah dan memiliki sifat ksatria.

Semen Gendong dipakai pengantin setelah selesai upacara perkawinan dengan harapan agar dapat segera mengendong bayi.

Demikian tentang kain batik dari kami, semoga bermanfaat. Batik tidak hanya sekedar wastra, tetapi karya seni budaya, yang pada awalnya selalu dihadirkan pada upacara-upacara tradisi dalam masyarakat Jawa. Batik selalu menyertai setiap tahapan dalam daur hidup manusia. Filosofi dalam pola batik yang merupakan harapan atau doa-doa. Untuk itulah yang menyebabkan batik selalu ada sampai sekarang. Hingga – hingga UNESCO menyebutkan sebagai warisan dunia asli dari Indonesia.

Batik dlidir dalam versi english indonesian batik fabric.

Tehnik pembuatan kain batik

Batikdlidir menyediakan secara lengkap. Lengkap meliputi berbagai motif batik sesuai pesanan maupun ready stock. Untuk pesanan, Anda bisa membuatnya sesuai keinginan, baik motif dan ukurannya.

Kalau diklasifikasikan dalam tehnik pembuatannya, ada tiga cara. Yang pertama dengan tehnik tulis. Tehnik ini masih menggunakan canting dan malam sebagai media utamanya.

Yang Kedua dengan cara stempel atau cap. Biasanya cap dibuat dari tembaga yang dibentuk sesuai pola atau motif yang diinginkan. Selanjutnya memberikan malam pada cap tersebut yang dituangkan pada kain katun.

Ketiga dengan tehnik hendprint yakni membuat plangkan atau screen. Kemudian menaruhkan pewarna sesuai yang diinginkan. Semua cara memiliki keunggulan keunggulan tersendiri.

Tehnik pembuatan kain batik tabel

Tehnik pembuatan kain batik menggunakan handprint

Pembuatan ini masih masuk dalam kategori handmade. Tehnik handprint menggunakan screen untuk motifnya. Sedangkan pewarnaanya tidak tembus, hanya satu sisi kain. Urusan harga bisa dibilang merakyat, karena memang diperuntukkan memudahkan saja. Biasanya digunakan untuk keperluan seragam sekolah, kantor dan perusahaan.

Untuk bahan, kami menggunakan keistimewaan katun. Kami menggunakan katun 100 % asli. Di Indonesia, Ada dua katun yang terkenal. Yakni, katun prima dan primissima. Berikut sedikit ilmu tentang keduannya.

Konstruksi kain ialah bagian yang menyusun atau susunan benang. Konstruksinya ada yang vertikal dan horisontal. Untuk primissima biasa menggunakan konstruksi 133 x 72, sedangkan prima menggunakan konstruksi 90 x 70 disetiap kainnya. Anda bisa memilih sesuai dengan selera dan kualitas pemakaian.

Kami membuat penawaran kedua kain tersebut dengan dua harga pula. Selain kain sesuai pilihan, motif batik pun Anda bisa memilihnya. Berikut harga yang kami tawarkan.

1. Kain batik prima permeter dengan motif sesuai pesanan Rp 20.000,- .
2. Kain batik primissima dan pola desain keinginan Anda. Kami memberi harga Rp 25.000,- permeter .
Jadi kedua batik diatas kami mengirimnya ke lokasi Anda dalam keadaan kain yang sudah ada motif batik. Untuk pemesanan atau informasi bisa sms atau whatsapp ke :
0822 6565 2222 Pak Mudzakir.

Kami menyarankan menggunakan whatsapp untuk mempermudah dalam koordinasi. Baik gambar motif batik maupun pengiriman ke lokasi Anda.

Tehnik pembuatan kain batik menggunakan cap atau stamp

Tehnik cap adalah memberikan malam pada GARAN kemudian dicapkan ( distamp ) pada kain. Sehingga warna bisa tembus dan bisa pula gradasi. Harganya pun terbilang masih bisa dijangkau masyarakat. Tehnik ini masih masuk dalam handmade dan tradisional.

Sangat disayangkan, penggunaan tehnik cap banyak digunakan untuk keperluan ekspor. Padahal bila melihat kembali sejarahnya, batik cap memiliki nilai sejarah yang apik. Sejarah dalam memperjuangkan eksistensinya. Untuk itu kami menyarankan dan berusaha mensosialisasikan tehnik cap. Kami lakukan dengan harapan bisa dinikmati masyarakat. Karya tradisional yang sayang bila ditinggalkan.

Untuk tehnik cap, masih terkesan tradisional dan unik. Karena selain menggunakan malam, pewarnaannya bisa lebih bervariatif. Harganyapun terbilang terjangkau untuk dibuat seragam batik.

1. Kain batik prima permeter dengan motif sesuai pesanan Rp 25.000,- .
2. Setiap meternya berbahan katun primisima kami banderol Rp 30.000,- dalam wujud kain batik.

Untuk warna, tehnik cap memiliki nilai tersendiri. Anda akan mendapatkan warna solid. Selain itu, bisa pula membuat warna gradasi. Orang mancanegara menyebutnya dengan tehnik tie dye.

Untuk detailnya bisa whatsapp ke 0822 6565 2222 Pak Mudzakir. 24 jam nonstop melayani pemesanan seragam batik. Bentuk dedikasi kami di bidang perbatikan.

Tehnik pembuatan kain batik menggunakan Canting atau Tulis

Tehnik canting merupakan mahakarya dari sebuah batik. Sebuah karya, tradisi dan tehnik yang harus dilestarikan. Tehnik ini sudah mengakar kuat di Indonesia, khususnya kota solo, pekalongan dan jogja. Batik tulis adalah pembuatannya secara khusus dengan menuliskan atau menerakan malam pada kain. Alat – alat yang digunakan yakni canting, malam, kain dan pemanas malam ( kompor kecil ).

Biasanya diperuntukkan bagi direksi perusahaan atau kalangan menengah keatas. Ini bukan tanpa alasan, karena harganya relatif mahal. Mengapa bisa mahal?, proses pembuatan membutuhkan waktu 2 minggu sampai 2 bulan. Waktu tersebut menghasilkan hanya satu potong batik tulis . Itulah yang membuatnya terbilang mahal.

Berikut tahapan dan jenjang harganya :

1. Tehnik ukel.
Yaitu Tehnik mencantingkan malam berbentuk setengah lingkaran. Tehnik ini juga termasuk untuk membuat pola gringsing dan obat nyamuk. Untuk tehnik ini masuk kategori tersulit kisaran. Kami memberi harga 1,3 jt sampai 3,5 juta. Kisaran ini tergantung bahan kain, pewarnaan dan tingkat kealusan dalam membatik (pengerjaan maksimal 3 bulan).

2. Tehnik Granit.
Yaitu tehnik mencantingkan malam dengan metode titik titik yg diluar pola. Sedangkan yg didalam pola bernama pasiran. Tehnik ini tergolong sulit karena dasar pembedanya dari sisi besar kecilnya canting.
Semakin kecil canting akan membutuhkan tingkat kerapian dan kesabaran yang tinggi. Dan juga memakan waktu cukup lama.
Untuk tehnik ini kisaran harga 900 ribu sampai 3 jt. Kisaran ini tergantung dari kehalusan. Selain itu, juga bahan kain yang digunakan. Pengerjaan tehnik granit menyita waktu 2 minggu.

3. Tehnik Buh.
Yaitu tehnik mencantingkan malam secara merata. Meliputi didalam pola utama maupun di tumpal. Untuk tehnik ini kisaran harga 600 rb sampai 700 ribu. Proses pembuatannya kami menampilkan kepada Anda dalam bentuk video dan gambar.

Untuk membeli ready stock maupun order batik tulis bisa whatsapp ke :
0822 6565 2222 Pak Mudzakir.