Kain batik online bersejarah khas kota solo

Kain batik online bersejarah atau kuno. Kami hanya menawarkan kepada Anda yang ingin memiliki koleksi batik kuno. Batik ini merupakan batik asli tulis yang dibuat warga solo dan sekelilingnya.

Kain batik online Handprint untuk seragam

Kain batik online Handprint untuk seragam sekolah, kantor ataupun kelompok. Sebelum masuk pada batiknya, terlebih dahulu tentang kainnya. Ada dua jenis kain yang biasa jadi patokan warga solo dan sekitarnya. Namanya kain primissima dan prima, yang keduanya merupakan berbahan kain katun. Melihat dan belajar dari pengalaman, sesungguhnya kedua model kain tersebut hanya beda dari konstruksinya.

Konstruksi kain ialah bagian yang menyusun atau susunan benang vertikal dan horisontal. Untuk primissima biasa menggunakan konstruksi 133 x 72, sedangkan prima menggunakan konstruksi 90 x 70 disetiap kainnya. Anda bisa memilih sesuai dengan selera dan kualitas pemakaian.

Kami membuat penawaran kedua kain tersebut dengan dua harga pula. Selain kain sesuai pilihan, motif batik pun Anda bisa memilihnya. Berikut harga yang kami tawarkan.

1. Kain batik prima permeter dengan motif sesuai pesanan Rp 20.000,- konstruksi 90 x 70.
2. Kain batik primissima plus motif keinginan Anda Rp 25.000,- permeter konstruksi 133 x 72.

Jadi kedua batik diatas dikirim kelokasi atau rumah Anda dalam keadaan kain yang sudah ada motif batik. Untuk seragam, minimal pemesanan 500 meter. Sedangkan pemesanan diatas 1000 meter ada diskon menarik untuk Anda.

Untuk pemesanan atau informasi bisa sms atau whatsapp ke :

0822 6565 2222 Pak Mudzakir.
Kontribusi nyata seragam batik untuk bangsa.

Kami menyarankan menggunakan whatsapp untuk mempermudah dalam koordinasi. Baik gambar motif batik maupun pengiriman kelokasi Anda.

Kain batik online Handprint untuk Baju seragam

Kain batik online Handprint untuk Baju seragam kualitas terbaik. Untuk sementara ini untuk pembuatan baju seragam kami hanya menggunakan bahan berkualitas tinggi yakni kain primissima. Selain menghasilkan baju berkelas, motif batik pun bisa lebih tahan lama.

Bisa melayani pembuatan baju seragam sekolah, kantor ataupun instansi. Sehingga dikirim kerumah atau tempat Anda berupa baju siap pakai. Dan dengan motif batik sesuai orderan Anda tentunya.

Berikut rincian yang kami tawarkan kepada Anda.

1. Bahan kain primissima.
2. Pembuatan batik dengan handprint.
3. Harga total perbaju untuk seragam Rp 65.000 perbaju siap pakai.
4. Lama pengerjaan untuk 300 hingga 1000 baju memakan waktu 2 bulan.
5. Untuk menjalin kerjasama yang bagus, kami mengenakan DP 50% dari total biaya keseluruhan.

Sebagai pengingat saja, bahwa kualitas baju harga dari perusahaan kami. Sehingga dengan sekuat tenaga batik dlidir memberikan yang terbaik untuk Anda. Karena kami yakin, kerjasama yang baik terjalin dengan ‘kesungguhan’ antara kedua belah pihak.

Kain batik online kuno 1

Kain batik online kuno 1

Seni pewarnaan kain dengan teknik perintang pewarnaan menggunakan malam adalah salah satu bentuk seni kuno. Penemuan di Mesir menunjukkan bahwa teknik ini telah dikenal semenjak abad ke-4 SM. Dengan diketemukannya kain pembungkus mumi yang juga dilapisi malam untuk membentuk pola. Di Asia, teknik serupa batik juga diterapkan di Tiongkok semasa Dinasti T’ang (618-907) serta di India dan Jepang semasa Periode Nara (645-794). Di Afrika, teknik seperti batik dikenal oleh Suku Yoruba di Nigeria, serta Suku Soninke dan Wolof di Senegal. Di Indonesia, batik dipercaya sudah ada semenjak zaman Majapahit, dan menjadi sangat populer akhir abad XVIII atau awal abad XIX. Batik yang dihasilkan ialah semuanya batik tulis sampai awal abad XX dan batik cap baru dikenal setelah Perang Dunia I atau sekitar tahun 1920-an.

Kain batik online kuno 1 merupakan seserahan dalam pernikahan ‘morosepuh’ saya sendiri. Berarti sudah berumur berkisar 50 tahun hingga 60 tahun. Dibuat oleh tangan kreatif tempo dulu di laweyan, solo. Harga perlembar dan hanya satu potong kami banderol Rp 50 jt. Harga yang tidaklah mahal untuk sebuah koleksi.

Kain batik online kuno 2

Kain batik online kuno 2

Walaupun kata “batik” berasal dari bahasa Jawa, kehadiran batik di Jawa sendiri tidaklah tercatat. G.P. Rouffaer berpendapat bahwa tehnik batik ini kemungkinan diperkenalkan dari India atau Srilangka pada abad ke-6 atau ke-7. Di sisi lain, J.L.A. Brandes (arkeolog Belanda) dan F.A. Sutjipto (sejarawan Indonesia) percaya bahwa tradisi batik adalah asli dari daerah seperti Toraja, Flores, Halmahera, dan Papua. Perlu dicatat bahwa wilayah tersebut bukanlah area yang dipengaruhi oleh Hinduisme tetapi diketahui memiliki tradisi kuna membuat batik.

Kain batik online kuno 2 tersimpan rapi dan masih bagus sampai sekarang ( tahun 2016 ). Keharuman batik pun masih kental saat aromanya berdekatan dengan indra penciuman. Sebuah karya seni kain yang patut dihargai. Untuk sepotongnya kami menghargai Rp 50.000.000,- bila Anda berminat bisa hubungi 0822 6565 2222 Pak Mudzakir.

Kain batik online kuno 3

Kain batik online kuno 3

Rouffaer juga melaporkan bahwa pola gringsing sudah dikenal sejak abad ke-12 di Kediri, Jawa Timur. Dia menyimpulkan bahwa pola seperti ini hanya bisa dibentuk dengan menggunakan alat canting, sehingga ia berpendapat bahwa canting ditemukan di Jawa pada masa sekitar itu. Detil ukiran kain yang menyerupai pola batik dikenakan oleh Prajnaparamita, arca dewi kebijaksanaan buddhis dari Jawa Timur abad ke-13. Detil pakaian menampilkan pola sulur tumbuhan dan kembang-kembang rumit yang mirip dengan pola batik tradisional Jawa yang dapat ditemukan kini. Hal ini menunjukkan bahwa membuat pola batik yang rumit. Dan hanya dapat dibuat dengan canting telah dikenal di Jawa sejak abad ke-13 atau bahkan lebih awal.

Kain batik bersejarah yang ke 3 menggunakan bahan dasar dari kain prima. Kain prima sendiri ialah kain katun yang memiliki sifat kasar dibandingkan primissima. Biasanya digunakan untuk warga solo tempo dulu untuk membuat batik tulis yang memasyarakat. Seperti sebelumnya, batik berkode 3 kami jual dengan harga Rp 50.000.000 per lembarnya.

Kain batik online kuno 4

Kain batik online kuno 4

Legenda batik dalam literatur Melayu abad ke-17. Sulalatus Salatin menceritakan Laksamana Hang Nadim yang diperintahkan oleh Sultan Mahmud. Dengan tujuan untuk berlayar ke India agar mendapatkan 140 lembar kain serasah dengan pola 40 jenis bunga pada setiap lembarnya. Karena tidak mampu memenuhi perintah itu, dia membuat sendiri kain-kain itu. Namun sayangnya kapalnya karam dalam perjalanan pulang dan hanya mampu membawa empat lembar sehingga membuat sang Sultan kecewa. Oleh beberapa penafsir, serasah itu ditafsirkan sebagai batik.

Kain batik berkode 4 dibuat pada tahun 1960-an. Untuk tepatnya saya sendiri kurang faham, karena sebagai hadiah pernikahan kepada mertua ditahun tersebut. Sampai saat ini ( tahun 2016 ), bau malam masih melekat erat. Ini membuktikan kualitas masyarakat solo dalam membuat sebuah produk. Pelan tapi pasti memproduksi secara handmade menghasilkan kualitas terbaik.

Kain batik online kuno 5

Kain batik online kuno 5

Dalam literatur Eropa, teknik batik ini pertama kali diceritakan dalam buku History of Java (London, 1817) tulisan Sir Thomas Stamford Raffles. Ia pernah menjadi Gubernur Inggris di Jawa semasa Napoleon menduduki Belanda. Pada 1873 seorang saudagar Belanda Van Rijekevorsel memberikan selembar batik yang diperolehnya saat berkunjung ke Indonesia ke Museum Etnik di Rotterdam dan pada awal abad ke-19 itulah batik mulai mencapai masa keemasannya. Sewaktu dipamerkan di Exposition Universelle di Paris pada tahun 1900, batik Indonesia memukau publik dan seniman.

Bila melihat kain berkode 5, terlihat jelas kombinasi yang rumit. Batik sebagai produk seni adiluhung, awal kelahirannya banyak diwarnai simbol-simbol keraton. Penggunaannya pun seperti masih terbatas didominasi oleh kalangan keraton. Tapi akibat pergeseran waktu, batik pun kemudian menjadi komoditas yang diperdagangkan secara luas. Dewasa ini, penggunaan batik sudah mulai memasyarakat.

Kain batik online kuno 6

Kain batik online kuno 6

Semenjak industrialisasi dan globalisasi, yang memperkenalkan teknik otomatisasi. Batik jenis baru pun muncul, dikenal sebagai batik cap dan batik cetak. Sementara batik tradisional yang diproduksi dengan teknik tulisan tangan menggunakan canting dan malam disebut batik tulis. Pada saat yang sama imigran dari Indonesia ke Wilayah Persekutuan Malaysia juga membawa Batik bersama mereka. Sekarang batik sudah berkembang di beberapa tempat di luar Jawa, bahkan sudah ke manca negara. Di Indonesia batik sudah pula dikembangkan di Aceh dengan batik Aceh, Batik Cual di Riau, Batik Papua, batik Sasirangan Kalimantan, dan Batik Minahasa.

Sedangkan batik berkode 6 merupakan orisinil dibuat warga solo. Sebagai warga solo, saya sendiri berusaha melestarikan dengan cara yang bisa dilakukan seiring berjalannya waktu. Saat ini batik telah menjadi tren baru di tengah masyarakat. Tak hanya sandang yang menggunakan kain batik sebagai bahannya. Sarung bantal, gordyn, dan seprei pun telah ada yang menggunakan kain batik. Ini adalah awal mula yang baik bagi pelestarian seni batik. Awalnya harus mencintai dahulu, kemudian muncul rasa andarbeni (memiliki) dan akhirnya nguri-uri (melestarikan).

Kain batik online kuno 7

Kain batik online kuno 7

Batik diatas memiliki motif bunga truntum. Bunga Truntum, dipakai orang tua pengantin. Truntum berarti menuntun, maknanya orang tua menuntun mempelai memasuki hidup baru. Batik tidak hanya sekedar wastra ( kain tradisional ), tetapi karya seni budaya, yang pada awalnya selalu dihadirkan pada upacara-upacara tradisi dalam masyarakat Jawa. Batik selalu menyertai setiap tahapan dalam daur hidup manusia.

Kain batik online kuno 8

Kain batik online kuno 8

Seperti nomor 7, batik kuno berkode 8 memang sepasang. Biasa dipakai oleh suami istri yang sepasang ( sarimbit ). Sebagai seserahan kepada mertua saya dari calon mempelai laki – laki. Termasuk dalam motif ini adalah motis Semen, Buketan, Terang Bulan. Motif-motif golongan non geometris tersusun dari ornament-ornamen tumbuhan, Meru, Pohon Hayat, Candi, Binatang, Burung, Garuda, Ular (Naga) dalam susunan tidak teratur menurut bidang geometris meskipun dalam bidang luas akan terjadi berulang kembali susunan motif tersebut.

Kain berkode tk8 berukuran berkisar 100 cm x 200 cm. Biasanya untuk jarik ( kain yang digunakan sebagai bawahan ) waktu tempo dulu. Kami banderol Rp 50 jt sama seperti yang lainnya.

Kain batik online kuno 9

Kain batik online kuno 9

Yang dimaksud dengan teknik membuat batik adalah proses proses pekerjaan dari tahap persiapan kain sampai menjadi kain batik. Pekerjaan persiapan meliputi segala pekerjaan pada kain mori hingga siap dibuat batik seperti nggirah/ngetel (mencuci), nganji(menganji), ngemplong(seterika, kalendering. Sedangkan proses membuat batik meliputi pekerjaan pembuatan batik yang sebenarnya terdiri dari pelekatan lilin batik pada kain untuk membuat motif, pewarnaan batik (celup, colet, lukis/painting, printing), yang terakhir adalah penghilangan lilin dari kain . (Sewan Soesanto, 1974).

Kain batik kuno berkode 9 dikerjakan hampir 2 bulan. Dengan tahapan – tahapan yang harus dilalui mulai dari pembuatan motif hingga ” nglorot ” ( finishing ). Sehingga siap pakai menjadi kain batik yang berkualitas. Kualitasnya bisa diuji dengan lamanya waktu, sampai sekarang berkisar 55 tahun. Kain tetap beraroma khas malam dan tidak rusak. Untuk itu kami memberi harga Rp 50.000.000,- untuk setiap potongnya.

Kain batik online kuno 10

Kain batik online kuno 10

Secara etimologis batik mempunyai pengertian akhiran “tik” dalam kata “batik” berasal dari kata menitik atau menetes. Dalam bahasa kuno disebut serat, dan dalam bahasa ngoko disebut “tulis” atau menulis dengan lilin. Menurut Kuswadji (1981:2) “mbatik” berasal dari kata “tik” yag berarti kecil. Dengan demikian dapat dikatakan “mbatik” adalah menulis atau menggambar serba rumit (kecil-kecil).

Arti batik dalam Kamus Umum Bahasa Indonesia ialah kain dan sebagainya yang bergambar (bercorak beragi) yang pembuatannya dengan cara titik (mula-mula ditulisi atau ditera dengan lilin lalu diwarnakan dengan tarum dan soga) (WJS Poerwadarminta,1976:96).

Pendapat senada dikemukakan Murtihadi dan Mukminatun (1997:3) yang menyatakan batik adalah cara pembuatan bahan sandang berupa tekstil yang bercorak pewarnaan dengan menggunakan lilin sebagai penutup untuk mengamankan warna dari perembesan warna yang lain di dalam pencelupan.

Berdasarkan beberapa pendapat diatas dapat dikemukakan bahwa batik adalah bahan tekstil hasil pewarnaan menurut corak khas motif batik, secara pencelupan rintang dengan menggunakan lilin batik sebagai bahan perintang.

Kain batik online kuno 11

Kain batik online kuno 11

Batik kuno berkode 10 dan 11 memiliki warna yang biasa disebut sogan. Batik Sogan merupakan salah satu jenis batik kuno Indonesia yang masih terasa kental unsur – unsur tradisionalnya. ‘Sogan’ bermula dari kata ‘ soga ‘ dalam jenis batik ialah karena penggunaan tanaman Soga sebagai pewarna alami dalam proses pewarnaannya. Tak heran, batik Sogan didominasi warna cokelat tua dan cokelat muda.

Kain batik online kuno 12

Kain batik online kuno 12

Batik Sogan solo ialah salah satu jenis batik klasik di Indonesia yang masih terasa kental unsur tradisional-nya dengan dominasi warna gelap seperti hitam dan coklat. Dinamakan batik sogan karena pada awal mulanya, proses pewarnaan kain batik ini menggunakan pewarna alami yang diambil dari batang kayu pohon soga (Peltophorum pterocarpum). Sogan batik kuno solo memang jenis batik yang mirip dengan daerah keraton Jawa yaitu Ngayogyakarta Hadiningrat (Yogya) dan Surakarta Hadiningrat (Solo), motifnya pun biasanya mengikuti aturan baku / pakem motif batik klasik keraton.

Kain batik ini merupakan kombinasi kedua kota yakni, solo dan jogja. Kain batik sogan yang klasik dan eksotis ini memang selalu banyak peminatnya dan langgeng tanpa mengenal musim. Selalu ada pecinta jenis batik ini walaupun ada batik pesisiran yang lebih dinamis dan kontemporer baik dari warna ataupun motifnya.

Batik kuno berkode 12 berbeda dengan yang lainnya. Terutama pada bahan yang digunakan dalam pembuatannya. Batik kuno kode 12 berbahan dasar kain primissima. Kain katun primisima merupakan bahan batik terhalus setelah sutra. Biasanya memiliki harga yang lebih tinggi dibandingkan prima.

Kain batik online kuno 13

Kain batik online kuno 13

Sutra atau sutera merupakan serat protein alami yang dapat ditenun menjadi tekstil. Jenis sutra yang paling umum adalah sutra dari kepompong. Kepompong sutra tersebut dihasilkan larva ulat sutra murbei (Bombyx mori) yang diternak (peternakan ulat itu disebut serikultur). Sutra memiliki tekstur mulus dan lembut, namun tidak licin. Rupa berkilauan yang menjadi daya tarik sutra berasal dari struktur seperti prisma segitiga dalam serat tersebut yang membuat kain sutra dapat membiaskan cahaya dari berbagai sudut pandang.

Kain batik kuno berkode 13 memiliki bahan asli sutra. Ini penting karena ada bahan yang berasal dari semi sutra. Biasa kain sutra batik digunakan untuk selendang ( scraft ). Dengan bahan dasar sutra, enak dan lebih nyaman saat digunakan. Kami taruh harga sama dengan lainnya yakni Rp 50.000.000 perpotongnya.

Demikian urian saya tentang batik kuno yang dijual lewat online. Walaupun tidak murni secara online karena ada prosedur lain, tetap saja masih menggunakan internet untuk memasarkan produk batik.

Untuk beli bisa sms atau whatsapp ke 0822 6565 2222 Pak Mudzakir ketik :

– Nama
– Kode kain batik kuno
– Alamat pengiriman

Gratis ongkos kirim ( free ongkir ) ke seluruh kota di Indonesia. Ini kami lakukan untuk memasyarakatkan budaya memakai batik. Sebuah usaha yang bisa kami ambil secara nyata untuk kemajuan bangsa.

Sedangkan Untuk pengiriman ke seluruh dunia, gratis ongkos kirim minimal 2 item. Pembelian di bawah 10 item dikenakan biaya pengiriman sesuai dengan harga yang dibanderol jasa pengiriman Internasional.

Untuk informasi atau pembelian bisa menghubungi 0822 6565 2222 Pak Mudzakir. Barokallohufiik…

Lokasi kain batik online mudzakir.com :

Untuk mengenalkan kepada seluruh dunia, kami mengeluarkan indonesian batik fabric.