Batik tulis Ngasem dengan kualitas bahan katun

Batik tulis Ngasem memang begitu memikat hati para pecinta batik. Ini salah satunya karena, di kampung ini, batik tulis kebanyakan diproduksi secara terbatas. Sehingga, nilai eksklusifitasnya dirasa lebih tinggi. Batik tulis Ngasem sudah terkenal sejak dulu atau sekitar tahun 1970-an. Kampung ini merupakan salah satu sentra industri batik tulis yang ada di Jogja. Sama halnya dengan di Kota Solo yang memiliki kampung batik Kauman dan Laweyan. Di kampung batik Ngasem ini juga banyak perajin batik. Mulai dari batik tulis sampai dengan batik cap.

Batik tulis Ngasem dengan kualitas bahan katun

Karena menjadi pusat batik, harga batik di tempat ini lebih murah. Harganya jelas akan berbeda jika kita membeli batik yang sudah dipajang di butik-butik. Tidak hanya itu, anda bahkan akan mendapatkan potongan harga jika membeli dalam jumlah yang cukup banyak. Batik Ngasem ini sering dijadikan sebagai pusat tujuan wisatawan yang ingin membeli batik. Keberadaan batik Ngasem ini bisa anda temui di Kawasan Ngasem. Seperti Jalan Kauman, Jalan Kadipaten dan juga Ngasem itu sendiri.

Nantinya akan sangat banyak gerai-gerai atau butik yang menjajakan berbagai jenis batik. Mulai dari batik dengan motif tradisional maupun motif klasik. Tinggal anda ingin membeli jenis batik apa. Selain itu, ada juga batik tulis dan batik cap. Semuanya tersedia di tempat ini. Sama halnya dengan batik Ngasem, di tempat kami (Batikdlidir) juga menyediakan berbagai kebutuhan batik. Mulai dari kain, baju, seragam, sarung dan berbagai kebutuhan lainnya.

Kami adalah salah satu pusat batik tulis yang ada di Kota Solo. Tetapi, kami juga menyediakan batik jenis lain. Seperti batik cap maupun batik printing. Untuk masalah harga, kami memberikan harga yang termurah. Untuk jenis batik tulis, kami biasa menjual dengan harga mulai Rp 600.000/meternya. Kemudian untuk jenis batik cap harganya Rp 28.000/meter. Sedangkan untuk jenis batik printing adalah yang paling murah yakni Rp 25.000/meter.

batik fabric.

Batik tulis Ngasem di Batikdlidir

Batik tulis Ngasem di Batikdlidir. Terbilang premium karena menggunakan bahan katun primisima gamelan. Primisima Gamelan terkenal untuk bahan tulis canting. Kain Mori Gamelan Srimpi – Jenis bahan baku kain batik ini sering digunakan untuk menghasilkan kain batik kelas premiun. Mori cap Gamelan Srimpi ini memiliki tekstur yang halus dan lembut.

Berikut sedikit penjelasan tehnik diatas :
1. Buh Rp 285.000,- per pcs.
Motif buh merupakan motif yang berada di sekeliling kain. Biasanya dipergunakan sebagai bawahan pakaian. Tehnik buh memiliki tingkat kesulitan yang sederhana. Untuk menerakan atau mencanting malam hanya setengah atau sepertiga dari luas kain perpotongnya. Yang masuk dalam kategori ini ialah motif jengki dan yang semisalnya.

2. Motif besar Rp 375.000 perpotong.
Minimal pemesanan 10 potong. Kombinasi antara buh dan motif besar masuk dalam kategori ini. Tehnik ini memiliki keunggulan warna yang menarik. Yang masuk dalam motif ini seperti parang besar, sidomukti besar dan galar besar.

3. Bledak dan granit sebagian Rp 580.000,-/pcs.
Tehnik bledak merupakan menghancurkan malam yang ada pada sebuah kain. Menghancurkan ini dengan harapan bisa memunculkan kesan warna samar-samar.

4. Granit penuh Rp 650.000,- per pcs.
Yaitu tehnik mencantingkan malam dengan metode titik titik yg diluar pola. Sedangkan yg didalam pola bernama pasiran. Tehnik ini tergolong sulit karena dasar pembedanya dari sisi besar kecilnya canting.

Semakin kecil canting akan membutuhkan tingkat kerapian dan kesabaran yang tinggi. Dan juga memakan waktu cukup lama.

5. Ukel dan Pakem Rp 900.000,-
Yaitu Tehnik mencantingkan malam berbentuk setengah lingkaran. Tehnik ini juga termasuk untuk membuat pola gringsing dan obat nyamuk. Untuk tehnik ini masuk kategori tersulit kisaran.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *