Batik tulis Nganjuk menghadirkan anjuk ladang

Batik tulis Nganjuk mempunyai satu ciri khas dalam motifnya. Ini terutama dalam batik cap. Setiap motif batik cap pasti menghadirkan gambar anjuk ladang. Motif ini merupakan gambaran sebuah prasasti yang ada di Nganjuk. Prasasti ini merupakan gambaran dari cerita Empu Sendok. Ia tidak lain adalah Raja Mataram Hindu dengan gelar Sri Maharaja Sri Isnaya Wikrama Dharmotunggadewa.

Masa pemerintahan Empu Sendok yakni kisaran tahun 937. Nama Anjuk Ladang inilah yang kemudian menjadi nama Nganjuk. Itulah mengapa motif ini wajib ada dalam setiap motif batik di Nganjuk.

Batik tulis Nganjuk menghadirkan anjuk ladang

Selain ada motif anjuk ladang, Nganjuk juga memiliki berbagai motif lainnya. Dan seperti dengan daerah lainnya. Kebanyakan, motif dari Nganjuk ini menggambarkan mengenai kondisi kehidupan masyarakat, alam dan lainnya. Beberapa motif yang khas Nganjuk diantaranya, sera rumput, sunduk sate, tumal daun rambutan, sidomukti tungkak, sundut sate dan juga motif tumpal bunga akasia.

Batik-batik tulis buatan Nganjuk ini tidak banyak perbedaan dengan daerah lainnya. Mulai dari proses pembuatannya, alatnya, bahan pewarna dan juga bahan kainnya. Tetapi, mungkin hanya sebutan dalam setiap prosesnya saja yang berbeda. Batik tulis Nganjuk juga menggunakan canting untuk menggambar motif. Untuk proses pembuatannya sendiri, batik tulis Nganjuk ini didominasi oleh kaum laki-laki. Mulai dari proses pembuatan motif sampai dengan pengeringan.

Handmade batik fabric.

Batik tulis Nganjuk di Batikdlidir

Batik tulis Nganjuk ini juga bisa anda dapatkan di tempat kami (Batikdlidir). Kami adalah pusat batik tulis yang ada di Kota Solo. Kami menyediakan berbagai motif batik tulis dari setiap daerah di nusantara. Selain itu, kami juga menyediakan berbagai motif modern atau yang sedang in saat ini. Jadi bila anda sedang mencari batik tulis, datang saja ke tempat kami. Selain menyediakan barang yang siap jual, kami juga siap untuk menerima pemesanan motif.

Batik tulis Nganjuk di Batikdlidir

Untuk pemesanan motif ini caranya cukup mudah. Anda tinggal menunjukkan gambar motif yang anda inginkan. Gambar bisa dikirim ke nomor saya (Pak Mudzakir) di 082265652222 melalui aplikasi whatsapp. Mengenai harganya, anda tidak perlu khawatir. Kami Akan memberikan harga yang terbaik untuk anda. Harga kami rata-rata di bawah harga pasaran. Untuk jenis batik tulis dengan kualitas bahan terbaik atau primisima kami jual dengan harga mulai Rp 600.000/meternya.

Berikut beberapa kisaran biaya pre order batik tulis . :

1. Tehnik ukel.
Yaitu Tehnik mencantingkan malam berbentuk setengah lingkaran. Tehnik ini juga termasuk untuk membuat pola gringsing dan obat nyamuk. Untuk tehnik ini masuk kategori tersulit kisaran. Kami memberi harga 1,3 jt sampai 3,5 juta. Kisaran ini tergantung bahan kain, pewarnaan dan tingkat kealusan dalam membatik (pengerjaan maksimal 3 bulan).

2. Tehnik Granit.
Yaitu tehnik mencantingkan malam dengan metode titik titik yg diluar pola. Sedangkan yg didalam pola bernama pasiran. Tehnik ini tergolong sulit karena dasar pembedanya dari sisi besar kecilnya canting.

3. Tehnik Buh.
Yaitu tehnik mencantingkan malam secara merata. Meliputi didalam pola utama maupun di tumpal. Untuk tehnik ini kisaran harga 600 rb sampai 700 ribu.

Nuwun.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *