Batik tulis Iwan Tirta memang begitu dikagumi

Batik tulis Iwan Tirta memang begitu dikagumi. Tidak hanya oleh pecinta batik di tanah air. Tetapi, juga pecinta di mancanegara. Bahkan para petinggi dari beberapa negara memilih batik tulis karya Iwan Tirta. Ini terbukti dari karyanya yang dipakai saat gelaran APEC di tahun 1994 silam. Ini menjadi sesuatu yang sangat membanggakan. Di mana batik tulis karya Iwan dikenakan oleh para pemimpin negara.

Bagi para pecinta dan kolektor batik nama Iwan memang sudah tidak asing lagi. Sosok yang lahir di Blora pada tahun 1935 ini sangat terkenal akan karya-karyanya. Iwan memang memilih batik tulis untuk menjadi bagian dari hidupnya. Dan ini dibuktikan dengan melegendanya karya-karya dari sosok yang meninggal pada tahun 2010 lalu itu.

Sebenarnya pemilik nama lengkap Nusjirwan Tirtaamidjaja tidak memiliki latar belakang batik. Ia adalah lulusan dari Fakultas Pendidikan Universitas Indonesia. Iwan adalah putra dari mantan anggota dari Mahkamah Agung, yakni Mohammad Husein Tirtaamidjaja. Setelah lulus dari UI, Iwan melanjutkan pendidikannya di London School of Economics. Tetapi, sejak dirinya mempelajari tarian dari Keraton Kasunanan Surakarta, Iwan mulai menyukai batik tulis.

Banyak yang dilakukan Iwan, selain menciptakan batik. Ia juga melakukan beberapa promosi batik tulis. Tidak hanya di dalam negeri, tetapi promosi ini juga dilakukan di luar negeri. Iwan juga mengembangkan filsafat batik Indonesia. semasa hidupnya, Iwan sempat mendapatkan penghargaan dari Presiden Joko Widodo. Penghargaan ini berupa Bintang Budaya Parama Dharma.

Salah satu karya batik tulis yang sangat fenomenal dari Iwan Tirta adalah nitik atau jlamprang. Motif ini berupa titik-titik yang sangat kecil. Motif ini diadaptasi dari patola India. Keseriusan Iwan Tirta pada batik tulis Indonesia ini memang perlu mendapatkan apresiasi. Karena, Iwan tidak hanya melestarikan budaya Indonesia. tetapi lebih pada menyebarkannya ke negara lain.

Batik tulis Iwan Tirta di Batikdlidir

Batik tulis Iwan Tirta di Batikdlidir. Ada banyak motif yang ada di seluruh negara Indonesia. Batikdlidir menyediakan pembuatan motif batik tulis sesuai pesanan Anda.

Batik tulis Iwan Tirta di Batikdlidir

Dan ini sama halnya dengan kami (Batikdlidir). Kami adalah pusat batik yang ada di Solo. Kami konsentrasi pada batik tulis. Motif-motif yang kami sediakan mulai dari motif klasik sampai motif modern. selain itu, kami juga menyediakan motif khas dari berbagai daerah di Indonesia. Jika anda ingin melakukan pemesanan, anda bisa menghubungi saya (Pak Mudzakir) di nomor 082265652222.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *